sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

Pendidikan

Olah Raga

Jadwal PD 2018

Update Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018

Klasemen Piala Dunia 2018

» » Tim URCL Bakamla Siap Latihan bersama Japan Coast Guard

Komandan Kompi Markas Satkopaska Koarmada I Kapten Laut (P) Edy Tirtayasa sedang memberikan arahan tim URCL
Jakarta, Larast Post - Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI siap ikuti latihan penanggulangan tindak kejahatan di laut dengan Japan Coast Guard. 

Kesiapan operasi tim URCL dimatangkan dalam kegiatan Tactical Floor Game (TFG) di Lounge Room pasukan, Kapal Negara (KN) Tanjung Datu, yang bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Selasa (10/07/2018).

Guna mendukung suksesnya operasi dan latihan ini Tim URCL Bakamla RI melibatkan tiga orang pelatih personel pasukan khusus laut TNI AL, dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada I, yang dipimpin oleh Komandan Kompi Markas Satkopaska Koarmada I Kapten Laut (P) Edy Tirtayasa. 

Perwira Kopaska itu menyampaikan materi latihan sekaligus memberikan pembekalan kepada Tim URCL mengenai prosedur pengamanan personel saat melakukan pemeriksaan kapal, taktik dan manuver pemeriksaan kapal Ship Boarding, pergerakan di kapal Ship Movement, serta penanganan tawanan atau Personal Handling.
\
Dalam latihan bersama ini, rencananya Tim URCL Bakamla RI akan diperkuat oleh gabungan tim dari Pol Air , KKP dan KPLP. Aksi manuver laut yang akan dilakukan dibawah kendali Kasi Operasi Keamanan Laut Bakamla RI Mayor Laut (T) Puadi Hasani. 

Adapun pergerakan yang akan dilakukan bersama dengan kapal Japan Coast Guard Ship (JCGS) Tsugaru PLH 02 antara lain Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dengan target pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kapal yang yang diduga menangangkut Narkoba di wilayah perairan Yurisdiksi nasional.

Konsep operasi pemerikasaan kapal bersama tim VBSS Japan Coast Guard  sedikit agak berbeda dengan konsep operasi yang diadopsi oleh tim dari Indonesia, dimana tim URC/VBSS akan naik kapal target dari kapal pemeriksa tanpa menggunakan Combat Boat atau Searider, namun kapal pemeriksa akan menempel dilambung kapal target, kemudian tim URCL melakukan pemeriksaan dan penggeledahan.
\
Kegitan TFG Tim URCL diikuti oleh gabungan pasukan VBSS dari lintas sektoral di bidang kemaritim yang rencananya akan terlibat dalam latihan bersama ini antara lain Tim dari Pol Air, KKP dan KPLP. (sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda