sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Peristiwa

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

INFO BOLA

» » Desa Bungkang Bertekad Kelola Sumber PAD

Desa Bungkang Bertekad Kelola Sumber PAD

Sekayam, Larast  Post - Kepala  Desa Bungkang  Kec. Sekayam Kab.Sanggau Kalimantan Barat (Kalbar) Erzan  menegaskan pihak bertekad mengelola sumber mata  air yang ada  di lingkungan  Desa Bungkang.

Menurut Erzan, Desa  Bungkang memiliki sumber mata air yang berlimpah. Akan tetapi potensi ini belum tersentuh menjadi Pendapatan Asli Desa.

“ Pada tahun 2016 sudah membuat Akta Pendirian Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” ujar Erzan kepada Larast Post di Kantor Desa Bungkang, Minggu lalu.

Dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini diharapkan sumber mata air yang melimpah tersebut dapat dikelola dengan baik, sehingga memberikan manfaat bagi pembangunan Desa Bungkang. ”Kita berharap menjadi Pendapatan Asli Desa,” jelas Erzan.

Untuk menunjang kegiatan usaha tersebut, selain akta pendirian, pihaknya akan merampungkan semua perijinan dengan instasi terkait. Selain itu, lanjut Erzan, Bumdes tentunya, membutuhkan gedung, peralatan, yang baik, meskipun sederhana, akan tetapi layak pakai, terlebih air yang akan diproduksi harus banar-benar sudah layak komsumsi masyarakat.

”Tahun ini kita bangun gedung lantai dua, lantai bawah untuk operasional dan lantai dua untuk kantor,” tukas Erzan.

Agar  air yang dikelola Bumdes Bungkang laris manis di pasaran, pihaknya akan berupaya menggandeng salah satu pengusaha yang telah berpengalaman di bidang pengolahan air minum di Pontianak.

”Mereka ini nantinya yang akan memberikan bimbingan  supaya air yang kita olah menjadi air galon, yang benar-benar layak komsumsi,” paparnya.
Selain itu, Bumdes Bungkang membutuhkan tenaga-tenaga yang telah berpengalaman. ”Saya telah meminta kesediaan mantan Camat Sekayam bapak Ramlan Maringga, BA, sebagai calon direktur,” ujar Erzan Optimis.

Menurut Erzan, Bumdes Bungkang ini selain melaksanakan kegiatan bisnis, dan apabila ada keuntungan usaha, nantinya, keuntungan ini akan diatur untuk membantu lingkungan sosial.

”Kita berniat ingin membantu warga kita yang membutuhkan bantuan pada saat mau berobat dan keperluan sekolah,” ucap Erzan. (tino)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda