sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Peristiwa

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

INFO BOLA

» » Kembali Terjadi, TNI Kerahkan Timkes Bantu Korban Gempa Lombok

Timkes TNI saat mengevakuasi korban gempa di Lombok.

Jakarta, Larast Post - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menginstruksikan jajarannya untuk memberangkatkan Tim Dukungan Kesehatan Batalyon Kesehatan (Dukkes Yonkes) Divisi 2 Kostrad yang bermarkas di Malang untuk memberikan bantuan kesehatan kepada korban gempa bumi di Lombok. 

Seperti diketahui, gempa bumi terjadi kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan skala yang lebih besar dari sebelumnya, Minggu (5/8) sekitar pukul 19.46 Wita.

Gempa dengan kekuatan 6,8 Skala Richter berlokasi 8.25 LS, 116.49 BT sekitar 27 km timur laut Kabupaten Lombok Utara NTB dengan kedalaman 10 km.

Hingga saat ini, diperkirakan ribuan rumah mengalami rusak berat maupun rusak ringan dan ratusan korban jiwa merata di seluruh Pulau Lombok namun yang paling parah wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU). 

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menyampaikan Senin (6/8) siang, 91 orang meninggal dunia dan 209 korban luka-luka akibat bencana tersebut.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, selain Yonkes Kostrad terdapat beberapa SSK satuan lain termasuk TNI AL maupun Brimob Polri. 

"Pasca Gempa semalam, seluruh personel jajaran Korem maupun Kodim langsung melaksanakan tanggap darurat untuk mendata dan pagi tadi mereka langsung turun membantu mengangkat jenazah, yang luka maupun yang patah baik di rumah warga maupun di RSUD Tanjung KLU," 
terang Pangdam IX/Udayana.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan seluruh unsur Satgas Kesehatan TNI dikerahkan pada Senin (6/8) pagi. Panglima TNI juga telah menginstruksikan aparat kewilayahan untuk membantu penanganan korban pasca gempa berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Tak hanya itu kapal rumah sakit KRI dr Soeharso (990) juga akan diberangkatkan dari Komando Armada II Surabaya.

Disiagakan pula 1 Kompi Batalyon Zeni Tempur 10/Jaladri Palaka (atau Yonzipur 10/2) Kostrad yang bermarkas di Pasuruan, Jawa Timur. 

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP. menegaskan, kedatangan Tim Dukungan Kesehatan di Lombok alhamdulillah mereka (Dukkes Yonkes Kostrad, red-) sudah tiba di Lapangan dan langsung bikin tenda Rumah Sakit Lapangan," ungkapnya  di Koramil 1606-02/Tanjung.

Sementara itu, Pangdam IX / Udayana juga melakukan pemantauan di lokasi gempa seluruh wilayah KLU mulai dari Kecamatan Pemenang hingga Kecamatan Bayan. 

Untuk data lengkap sambungnya, masih dilakukan pendataan sambil mengevakuasi warga yang masih belum tersentuh.(sg/dispenad)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda