sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Orientasi Anggota dan Calon Anggota PWI Jaya

Calon anggota muda PWI Jaya seusai orientasi foto bersama pengurus PWI Jaya, Sabtu (8/9/2018).
Jakarta, Larast Post – Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi DKI Jakarta (PWI Jaya) kembali menggelar orientasi wartawan kepada 30 peserta Anggota dan Calon Anggota di Kantor PWI Jaya  Gedung Prasada Sasana Karya Lt.9, Jl. Surya Pranoto No.8 Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2018).

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Kehormatan PWI Jaya Drs. Kamsul Hasan, SH., MH. memberikan pengarahan tentang wartawan kompeten versi Dewan Pers menghadapi konvergensi media. 

Kamsul menerangkan terkait kode etik Jurnalistik, ada 51 pasal yang telah disepakati bersama dan telah ditetapkan Dewan Pers. Contohnya Pasal 1 yang menyebutkan wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk. Kamsul juga mengatakan dalam sebuah berita harus menganut azas praduga tak bersalah sesuai Kode Etik Jurnalistik yang tertuang di Pasal 3.

"Contohnya ketika polisi menangkap seorang, Wartawan tidak boleh menyebut seorang yang ditangkap itu sebagai tersangka, tapi harus ditambahkan kata diduga tersangka sebelum diputuskan oleh Pengadilan Negeri," ujarnya.

Para Calon Anggota muda PWI Jaya ketika mengikuti orientasi yang di paparkan oleh guru pebimbing Kamsul Hasan di Gedung Prasada Sasana Karya Lt.9, Jakarta, Sabtu (8/09).
Pengurus PWI Jaya, Iqbal yang juga aktif di Kompas Televisi (KTV), menuturkan bahwa verifikasi ini penting karena akan memperjelas keabsahan organisasi wartawan, sekaligus untuk mendukung serta memelihara dan menjaga kemerdekaan pers sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Setiap organisasi wartawan memiliki mandat untuk menjaga marwah organisasi sehingga mengarahkan anggotanya agar memiliki integritas dan kredibilitas yang bertujuan untuk mengembangkan kemerdekaan pers yang profesional, bebas, dan bertanggungjawab kepada publik,” ujarnya.

“Sesuai standar organisasi, wartawan yang menjadi anggota organisasi harus bekerja di perusahaan pers, aktif menghasilkan karya kewartawanan, dan berbadan hukum,” lanjutnya.

Di akhir kegiatan,Sekretaris PWI Jaya Kesit Handoyo mengatakan tujuan orientasi wartawan ini juga dalam rangka keseimbangan tahun politik yang dewasa ini makin marak pemberitaannya, menjadi lebih baik kedepannya, berkaitan dengan persiapan hajat rakyat 2019 nanti.

"Untuk itu diharapkan agar insan pers memberi pencerahan dalam penyajian tulisan bagi pencerdasan bangsa pada umumnya, khususnya bagi insan pers yang profesional, independen dan tidak bersifat provokatif, bahkan hoax," ujarnya. (tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda