sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Siap Amankan Pemilu, Polres Purbalingga Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Apel gelar pasukan di Polres Purbalingga.
Purbalingga, Larast Post - Polres Purbalingga melaksanakan gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018 dalam rangka kesiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Apel gelar pasukan dilaksanakan di Alun-alun Purbalingga, Rabu (19/9/2018).

Bertindak selaku pimpinan apel Kapolres Purbalingga AKBP Nugroho Agus Setiawan, S.IK., M.H. dalam kesempatan tersebut, kapolres membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Isi amanat antara lain apel gelar pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan. Dengan demikian, Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

Pemolisian di era demokrasi bertumpu pada upaya untuk meraih kepercayaan publik selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. Hal tersebut diwujudkan antara lain dengan penegakan supremasi hukum, penghormatan terhadap nilai-nilai HAM, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

"Selain itu, pemolisian di era demokrasi juga diwujudkan dengan adanya jaminan keamanan dalam penyelenggaraan berbagai agenda demokrasi, seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik guna memilih Kepala Daerah, Anggota Legislatif, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI," ucap kapolres membacakan amanat.

Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2018”, yang dilaksanakan selama 397 hari, terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019, di seluruh wilayah Indonesia dengan  melibatkan 272.886 personel Polri. 

Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat pusat, Tingkat Daerah, dan Tingkat Polres.

"Dalam kesempatan ini, selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, kembali saya tekankan bahwa Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan  aman, lancar, dan damai," kata kapolres sebelum menutup amanat.

Apel gelar pasukan di Purbalingga diikuti oleh personel dari kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Pehubungan serta sejumlah ormas. Hadir dalam apel Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi beserta Forkopimda, para kapolsek, camat, KPU serta Bawaslu dan pimpinan partai politik.

Usai gelar pasukan dilanjutkan dengan deklarasi pemilu damai yang dilakukan para pimpinan partai politik. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kendaraan dinas kepolisian yang siap mendukung pengamanan pemilu 2019.(Agus. P)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda