sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Jambore Ormas dan LSM Se Kabupaten Bogor

Ormas, LSM dan aparat pemerintah foto bersama.
Bogor, Larast Post - Jalin tali silaturahmi serta mengikat persaudaraan antara Organisasi Masyarakat (Ormas) serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bersama Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Jambore Ormas dan LSM 2018. 

Acara tersebut dilaksanakan di Athalia Conference Resort Desa, Cipayung, Megamendung Bogor, Selasa (2/10).

Kegiatan Jambore itu bertujuan agar Ormas dan LSM dapat lebih bersinergi, sebagaimana dikatakan Kepala Kesbangpol H Wawan Darmawan S Sos M IP pada upacara pembukaan.

“Dengan adanya kegiatan ini, Ormas dan LSM yang ada di Kabupaten Bogor agar lebih bersinergi sesuai dengan Amanat Undang-Undang (UUD) 1945, Hal ini mengingat perkembangan potensi yang di miliki Ormas dan LSM perlu diperhatikan, di kembangkan kualitas juga kemampuannya dalam rangka pemberdayaan Sumber daya Manusia (SDM),” ucap H Wawan.

Dirinya juga mengatakan, bahwa dengan acara tersebut Ormas dan LSM sanggup secara nyata untuk berperan Aktif memberikan sumbangsih positif bagi pembangunan daerah di segala bidang.
Ia berharap, kedepannya mari bisa sama-sama meningkatkan, saling bertukar informasi, berkordinasi dan berkomunikasi.

“Membentuk silahturahmi antara pemerintah dengan Ormas dan LSM sebaliknya, agar dapat terciptanya Kabupaten Bogor termaju sesuai Visi dan Misi,” harapnya.

Setelah pelaksanaan pembukaan selesai seluruh peserta jambore yang berjumlah kurang lebih 100 orang dari masing-masing Ormas dan LSM. Mulai bergegas dan bersiap untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Salah satunya acara yang ada ialah menerima wejangan materi-materi dari berbagai macam narasumber yang didatangkan. Materi wejangannya pun bermacam-macam seperti, keorganisasian kemasyarakatan, pembinaan ideologi dan konsensus negara bagi organisasi kemasyarakatan, peran agama dalam pembangunan metal bagi organisasi Kemasyarakatan, peran dan fungsi ormas dalam ketahanan dan pertahanan negara.

Setelah menerima banyak wejangan materi, para peseta pun mulai ke permainan Outbond yang beredukasi yang di dalamnya terdapat permainan lainnya.

Hal ini dilakukan guna mempererat kebersamaan antara Ormas Dan LSM. Kegiatan Outbound pun dipimpin dan di pandu oleh pasukan TNI dari Kodim 0621Kabupaten Bogor. TNI tersebut merupakan Instruktur kegiatan Jambore mulai dari awal hingga akhir acara, yang sudah berkerjasama dengan panitia dari Kesbangpol dalam membantu memimpin para peserta.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Bina Politik dan Kelembagaan (Binpolhal) H Sudjana Azahri mengatakan bahwa, kegiatan ini didanai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Ini juga merupakan bagian dari program kegiatan Kesbangpol dalam rangka membina dan mengsolidasi seluruh Ormas, LSM yang ada di Kabupaten Bogor. Bahwa ini bagian dari Humanis semua sasaran dan tujuan melihat dari yang mereka rasakan ini sesuai harapan yang di Cita citakan,” ujar H Sudjana.

Di malam terakhir sebelum selesainya acara, para peserta dikejutkan kedatangan Bupati terpilih Ade Munawaroh Yasin atau yang lebih dikenal Ade Yasin. Mereka yang hadir langsung diberikan sesi tanya jawab.

Para peserta berpesan kepada bupati terpilih tersebut agar dapat menjalankan tugas dan membuktikan janjinya. Ade Yasin sendiri mengucapkan terima kasih atas semua masukan yang sudah diberikan para peserta. Karena menurutnya, masukan-masukan tersebut akan menjadi PR nantinya.

Terkait acara jambore, Ade Yasin mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat luar biasa bagi Kesbangpol dan para pesertanya yang sudah sangat antusias juga semangat mengikuti kegiatan jambore ini.

Selain itu, dirinya juga diberikan kenang kenangan penghargaan dari Kesbangpol yang diberikan langsung Kepala kantor Kesbangpol karena turut serta ikut memeriahkan acara malam Puncak Api Unggun Jambore 2018.

H Sudjana Azahri yang mewakili Kepala Kesbangpol mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah bertahan mengikuti Jambore hingga akhir.

Dirinya juga sangat terima kasih kepada Tim TNI Kodim 0621 Kabupaten Bogor yaitu, Pelda Suryanto, Serda Suroto, Serda D Prabowo, Serda Nur Saepul Alip yang sudah menjadi instruktur membantu kegiatan ini hingga sukses.

Anggota legislatif DPRD Kabupaten Bogor, Egy yang turut hadir dalam memberikan pesan plus arahan kepada para peseta juga menyampaikan pesan agar kerjasamanya dari semua LSM dan Ormas untuk bisa bersinergi dalam segala kegiatan.

H Sudjana mengatakan, kegiatan ini cukup punya makna, tidak ada jarak dan batasan, justru begitu hangat dan akrab. “Di sini terjalin dengan porsi yang sama serta satu tujuan untuk memajukan, memberikan pemahaman bagi masyarakat banyak dan, paling tidak ini membawa pesan moral bagaimana caranya menumbuh kembangkan sikap persatuan dan kesatuan dari keseluruhan LSM juga Ormas yang ada,” pungkasnya.

Para peserta jambore 2018, juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dari Kesbangpol dan Kodim 0621 yang sudah memberikan warna berbeda dalam kegiatan tersebut. Mereka berharap, pelatihan-pelatihan seperti ini terus digelar, jangan menjadi yang pertama dan terakhir. (vid)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda