sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Kejari Subang Monitoring Di Kecamatan Blanakan

Kejari Subang Pramono Wulyo,SH 

Subang, Larast Post - Kegiatan monitoring evaluasi (monev) yang digelar di Aula Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (11/10/2018), dihadiri, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Subang, Pramono Wulyo,SH, Irda Kabupaten Subang, Camat Ciasem Ubi Kartubi,M.Si, Plt. Camat Blanakan Drs.Aet Rudiatna,M.Si, seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa, LPM, BPD dan Pendamping Desa, dengan tergabung dua Kecamatan yaitu, Kecamatan Blanakan dan Kecamatan Ciasem.

Sebelum kegiatan monitoring dilaksanakan, Kejari Subang bersama Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) melakukan sosilisasi pembekalan dengan seluruh kepala desa se-kabupaten subang, kemudian setelah itu ada MoU dengan kepala desa se-kabupaten subang, dilanjutkan dengan kegiatan sosilisasi pembekalan dengan Sekretaris Desa dan BPD. Bertujuan agar para pengelolah pengguna dana desa bisa berjalan dengan baik sesuai dengan penentuan yang berlaku dan tidak terjadi penyimpangan",ujar Kejari Subang Pramono Mulyo,SH.

Dia melanjutkan, kegiatan monitoring evaluasi (monev) ini dilakukan dengan cara tiga program tertib yaitu, tertib administrasi, tertib mutu dan tertib waktu. "Yang pertama tertib administrasi yaitu, kita pengecekan pelengkapan administrasi baik dari sejak perencanaan sampai pelaksana seperti SPJ, Kuwitansi dan laporan lainnya. Lengkap atau tidak. Setelah sudah selesai melakukan pengecekan administrasi, dilanjutkan dengan pengecekan ke lapangan pisik, benar atau tidak antara administrasi yang direncanakan dengan kegiatan pisik dilapangan, jangan sampai nanti ada penyimpangan",tuturnya.

"Kalau menemukan hal-hal yang kurang dilapangan, akan langsung tegur dan segera cepat diperbaiki selagi masih ada waktu sampai bulan desember, terus kita akan disampaikan dan kordinasikan juga dengan Irda, bahwa kami sudah melakukan pengecekan dengan sesuai hasil dilapangan, terus saya pasrakan kepada Irda untuk segera pengecekan dilapangan dan cari solusi terbaik. "Saya tunggu hasil dari Irda sampai bulan Desember, lalu saya akan pengecekan kembali dilapangan, Jika masih ada temuan-temuan dilapangan yang belum ditindaklanjuti dan diselesaikan maka kami akan pengecekan kembali dilapangan di bulan febuari 2019 dan bukan lagi kegiatan pencegahan tapi kita sudah melakukan penindakan, karna sesuai dengan MoU",cetusnya

Kejari berharap, semua kegiatan dalam pengelolahan penggunaan Anggaran di Desa, baik itu Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Provinsi (Banprov), dan termasuk didalam APBDes, dapat bisa dikelolah dan dilaksanakan sesuai dengan perentukan, perencanaan dan ketentuan, jangan ada terjadi penyimpangan, dan jadikanlah Desa yang mandiri",harapnya. 

Selain itu juga  Kepala Desa Jayamukti, Kecamatan Blanakan, Dartim mengatakan, dengan adanya sosilisasi TP4D yang dilakukan oleh kejari subang sangat bagus sekali. Dengan kegiatan ini, sambungnya, minimal semua tahapan itu sebagai bahan inpormasi yang terkaitkan dengan penerimaan anggaran khususnya dana desa (DD)."Jadi para kepala desa yang menerima anggaran itu, minimal mereka dapat ilmu tentang pemaparan apa yang disampaikan oleh kejari",jelasnya

Lebih lanjut Kades Jayamukti Dartim, kalau memang benar didalam laporan itu ada administrasi yang kurang memenuhi atau tidak sesuai dengan pelaksanaan dilapangan, setidaknya kepala desa agar bisa memperbaiki administrasi itu dari salah menjadi benar dan yang sudah benar bisa dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya.

"Saya sangat merespon dan sangat menerima sekali, dengan adanya sosilisasi yang dilakukan oleh TP4D. Karna kita sudah mendapat pencerahan dari kejari, dan selaku yang menerima anggaran khusunya dana desa (DD) di masing-masing desa, agar lebih teliti lagi yang berkaitan dengan membuat laporan-laporan",terangnya. (sodikin)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda