sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Porda Jabar, Kontingen Kab Bogor Pastikan Juara Umum di Catur


Bogor, Larast Post - Kabupaten Bogor dipastikan menjadi juara umum cabang olahraga catur, meski masih menyisakan satu nomor mix catur standar yang menyisakan satu babak terakhir pada Senin, 15 Oktober 2018. 

Kontingen Kabupaten Bogor pada cabor catur Porda XIII/2018 Jawa Barat telah mengantongi 16 medali emas dan 7 perak dari 22 nomor yang dipertandingkan.

Perolehan medali terbanyak mereka didapatkan dari nomor putri, mulai dari nomor perseorangan putri catur cepat, catur kilat, hingga catur setandar. Di perseorangan putri, pecatur Kabupaten Bogor Irene Kharisma Sukandar meraih emas serta di nomor beregu Medina Aulia meraih enam medali emas.

Dengan begitu, Kabupaten Bogor sudah berhasil mengoleksi sebanyak 23 keping medali baik emas maupun perak. Sedangkan pesaingnya Kabupaten Bekasi yang menempati posisi ke-2.

Mereka meraih medali sebanyak 4 medali emas, 8 perak dan 5 perunggu. Di ikuti Kabupaten Tasikmalaya dengan 1 emas dan 1 perunggu di posisi ketiga.

Keempat ada Kota Bandung dengan 4 medali perak dan 8 medali perunggu. Kelima dihuni oleh Kabupaten Bandung dengan satu perak dan satu perunggu. Di peringkat keenam ada Kabupaten Indramayu dengan satu perak.

Pelatih Kabupaten Bogor Pelatih Kabupaten Bogor Endar Sakti Lubis mengaku puas dengan 16 medali emas yang diraih para pecaturnya. Sebab, kata Endar, target awal yang diinginkan KONI Kabupaten Bogor adalah dengan 15 medali emas. Artinya, catur Kabupaten Bogor melebihi satu medali emas dari yang dicanangkan.

“Alhamdulillah kami telah mengantongi 16 medali emas. Target awal memang 15 medali emas. Jadi kita mampu melebihi target yang ada,” ucapnya.

Dia menambahkan, faktor utama kemenangannya adalah fokus serta kekompakan pecatur di nomer beregu terutama di beregu putri yang hamper menyapu bersih nomer yang ada. 

Menurut dia, raihan ini menjadi awal yang bagus bagi Kabupaten Bogor menatap kompetisi atau kejuaraan selanjutnya.

“Kita memang menekankan kepada pecatur untuk bisa unggul lawan terkuat yakni Kabupaten Bekasi. Itu karena, Kabupaten Bekasi diperkuat oleh pecatur nasional sehingga kami membutuhkan konsentrasi lebih mengalahkan mereka,” tutur Endar.

Sementara, Technical Delegate Cabor Catur Porda XIII/2018, Dicky Irvan Firmansyah sudah memastikan jika prestasi Porda tahun ini telah didominasi oleh para pecatur Kabupaten Bogor. Bahkan di nomor beregu mix standar yang akan berakhir di tanggal Senin (15/10/2018) Kabupaten Bogor berkemungkinan untuk menambah pundi-pundi emas.

"Dengan raihan medali yang sudah diperoleh Kontingen Catur Kabupaten Bogor ini maka sudah dipastikan jika mereka akan keluar sebagai juara umum, pasalnya catur di Porda XIII ini hanya tinggal menyisakan 1 nomor pertandingan saja, di mana apa bila emas terakhir tidak dapat direbut Kabupaten Bogor mereka akan tetap menjadi juara umum," kata Dicky saat dijumpai di Hotel Seruni, Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu (14/10/ 2018).

Dicky menambahkan, kemenangan Kabupaten Bogor selain diperkuat pecatur putri tingkat nasional. Mereka juga mampu menerapkan stratego bertanding yang tepat bagi para atletnya.

“Dalam catur itu, strategi penempatan pemain harus cermat. Sebab jika kurang cermat dan terpeleset maka perolehan medali emas bisa lepas. Jadi selain kemampuan atlet, strategi pelatih dalam menentukan komposisi pemain juga penting,” tuturnya (vid)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda