sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Berhasil Temukan Black Box, Presiden Berikan Penghargaan Kedua Prajurit Marinir

Presiden Jokowi saat menyalami kedua prajurit penerima penghargaan.
Jakarta, Larast Post - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan penghargaan kepada dua prajurit Batalyon Intai Amfibi Marinir, di Pelabuhan JITC 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat Sore (2/11).

Penghargaan yang diberikan kepada dua prajurit marinir Sertu Marinir Hendra Syahputra dan Kopral Dua Marinir Nur Ali itu berkat jasanya telah berhasil menemukan bagian dari black box (kotak hitam) pesawat Lion Air JT-610 di kedalaman 30 m pukul 10.15 WIB di perairan Karawang, pada hari ke empat pencarian, Kamis (01/11).

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., Kabasarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi, S.Sos., M.M., Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro.

Sertu Marinir Hendra Syahputra dan Kopral Dua Marinir Nur Ali tergabung dalam Tim Search and Rescue (SAR) TNI Angkatan Laut pimpinan Pangkoarmada-I yang tergabung dalam operasi SAR Gabungan Basarnas. 

Saat ini bagian black box yang berisi data penerbangan tersebut telah diserahkan ke KNKT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sesuai instruksi Presiden, Tim SAR TNI Angkatan Laut hingga hari kelima terus bekerjasama dengan Basarnas dalam pencarian bagian lain blackbox dan rangka pesawat serta evakuasi korban, dengan mengerahkan unsur KRI Banda Aceh-593, KRI Sikuda-863, KRI Tenggiri-865, KRI Rigel-933, KRI Torani-860, KRI Lemadang-632, serta tim penyelam gabungan Kopaska, Denjaka, Taifib dan Dinas Penyelaman Bawah Air TNI AL.

Marinir Temukan Black Box Lion Air JT.610

Sertu Marinir Hendra Syahputra.
Sebelumnya, Sertu Marinir Hendra Syahputra dari kesatuan Taifib Korps Marinir temukan Black box pesawat Lion JT 610 yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2018 di Perairan Tanjung Karawang, Kamis (01/11).

Dalam penyelaman di kedalaman 35 meter, dengan koordinat S 05 48 48.051 - E 107 07 37.622 dan koordinat S 05 48 46.545 - E 107 07 38 berbekal alat yang bisa menangkap sinyal black box, Sertu Hendra menyelam hingga kedalaman 35 meter ke dasar laut.

"Begitu kami turun arusnya kencang. Kemudian dengan keterbatasan, kita menggunakan tali untuk tidak terbawa arus karena tali tersebut agak menghambat kami," cerita Sertu Hendra.

Di area yang memancarkan sinyal black box, hanya didapati sedikit serpihan pesawat yang membuat Hendra dan penyelam lain ragu. Namun sinyal itu terus diikuti hingga mengarah pada endapan lumpur.

"Kami sempat putus asa karena arus sangat kencang, tetapi kami percaya yakin dengan tekad dan hati yang iklas serta mengikuti alat yang kami bawa, kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan bunyi sensitif kami gali lumpur tersebut dan mendapatkan black box," tandasnya. (her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda