sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Kementerian ATR/BPN Raih Penghargaan Kolaborasi Anggaran BMN

Jakarta, Larast Post – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendapatkan apresiasi dengan kategori Kolaborasi Keuangan Anggaran Barang Milik Negara dari Kementerian Keuangan. 

Apresiasi dengan kategori Kolaborasi Keuangan Anggaran Barang Milik Negara tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Keuangan kepada Direktur Jenderal Pengadaan Tanah, Arie Yuriwin, pada acara Seminar Hari Oeang ke-72 Tahun 2018 Kementerian Keuangan di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Rabu (31/10/2018).

Kementerian ATR/BPN berhasil meraih apresiasi tersebut karena hasil kerja sama antara Kementerian ATR/BPN dengan Kementerian Keuangan khususnya pada Direktorat Barang Milik Negara (BMN) dalam melakukan percepatan sertipikasi aset BMN.

Arie Yuriwin mengatakan, target sertipikasi BMN Kementerian Keuangan ini, setiap tahunnya dianggarkan kurang lebih 3 ribu bidang, di mana seluruh aset BMN yang tercatat di Kementerian Keuangan hampir 80 ribu bidang, sehingga untuk menyelesaikannya akan membutuhkan waktu kurang lebih 24 tahun. 

Oleh karena itu, Arie Yuriwin, perlu dilakukan percepatan dalam sertipikasi BMN ini. Dalam hal ini Kementerian ATR/BPN membantu percepatan sertipikasi aset BMN melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang juga termasuk ke dalam aset BMN.
“Target kita tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar dan tentunya tak hanya aset dari masyarakatnya tetapi juga aset-aset instasi pemerintah,” ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian ATR/BPN.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian ATR/BPN menambahkan, melalui kerja sama dan koordinasi yang baik dengan Kementerian Keuangan, khususnya di BMN ini, akan menjadi upaya Kementerian ATR/BPN dalam memberikan pelayanan kepada seluruh Kementerian atau Lembaga dalam penetapan status dari aset-asetnya. 

Direktur Barang Milik Negara, Encep Sudarman menambahkan, selain membantu dalam proses percepatan sertipikasi BMN, Kementerian ATR/BPN juga mendukung Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dalam sertipikasi proyek-proyek PSN. 

Kementerian ATR/BPN, lanjutnya Encep, sangat luar biasa, pertama untuk mendukung sertipikasi BMN karena tahun ini target sertipikasinya harus muncul sertipikat dan ahamdulillah sampe quarter ketiga saat ini hijau yang artinya capaiannya sangat bagus.  “Kami perkirakan sampai akhir tahun target akan tercapai, dan alhamdulillah berkat bantuan Kementerian ATR/BPN bisa tercapai. Yang kedua mendukung Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dalam sertifikasi proyek-proyek PSN," ungkapnya.

Seminar ini merupakan rangkaian dari Hari Oeang ke-72 Kementerian Keuangan Republik indonesia yang mengambil tema; Dialog Lintas Generasi: Melanjutkan Estafet Pembangunan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045.

Hadir sebagai narasumber Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia, Prof. Dorodjatun Kuntjoro Jakti selaku Menteri Koordinator Perekonomian pada Kabinet Gotong Royong, William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia, dan Iman Usman selaku CO-Founder Ruang Guru. (her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda