sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » PWI Dorong Wartawan Ikut Sertifikasi

Peserta dan Penguji UKW angkatan 30 PWI Provinsi DKI Jakarta foto bersama.  (foto: Ilustrasi)
Bogor, Larast Post – Guna meningkatkan profesionalisme, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terus dorong anggotanya untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Ketua PWI Provinsi Jawa Barat yang juga saat ini menjadi Sekretaris PWI Pusat, Mirza Zulhadi mengatakan, UKW menjadi penting karena merupakan tolok ukur kualitas seorang wartawan. 

Selain wartawannya, lanjut Mirza, perusahaan persnya pun harus terverifikasi. “Ini dilakukan untuk memberikan hasil berita yang berkualitas untuk masyarakat,” ujarnya saat pelantikan pengurus PWI Kota Bogor periode 2018 – 2021, pada Senin (5/11/2018) di Ruang Sri Baduga, Balaikota Bogor, Jawa Barat.

Mirza menegaskan, wartawan yang telah memiliki kompetensi akan memiliki karya jurnalistik yang lebih baik. “Efeknya terasa, ketika teman-teman wartawan sudah lulus UKW akan berdampak terhadap pemberitaan mereka,” tegasnya.

Selain mempunyai efek dalam berita, lanjut Mirza, wartawan yang telah lulus uji kompetensi, juga akan memiliki etika bagus terhadap narasumber. 

Lebih lanjut Mirza mengungkapkan, PWI Jawa Barat selama ini telah menggelar UKW sebanyak 23 kali, dan diikuti oleh wartawan dari berbagai daerah di Jawa Barat. Dari sebanyak 800 anggota PWI Jawa Barat yang sudah lulus UKW baru sekitar 400 wartawan berasal dari berbagai media, baik cetak maupun online. 

Disebutkan, organisasi kewartawanan yang berhak menggelar uji kompetensi saat ini ada tiga yakni PWI, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Sementara itu, Dewan Pers pada tahun 2019 mendatang, akan mengeluarkan himbauan wartawan yang berhak dilayani oleh narasumber adalah yang sudah terverifikasi.

Kompetensi wartawan terbagi dalam 3 jenjang yakni jenjang Muda, Madya dan Utama. Kompetensi jenjang Muda diperuntukan bagi reporter, jenjang Madya untuk redaktur, dan jenjang Utama bagi pemimpin redaksi. 

Berdasarkan data yang dikutip dari situs Dewan Pers, pada Senin (5/11/2018) jumlah wartawan yang lulus kompetensi jenjang Muda sebanyak 4.269 orang, Madya 2.269 orang, dan Utama 2.185 orang. (ram)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda