sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Warga Antusias Ikuti Pelatihan Mengelas Gratis di Kodim Depok

Salah seorang warga Cipayung, Depok saat mengikuti pelatihan mengelas.
Depok, Larast Post - Ade Permadi (50) warga Kelurahan Tajur Halang, Kecamatan Bojonggede mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan keterampilan mengelas gratis yang dibuka Kodim Depok dalam rangka Giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Depok, Selasa (6/11).

Meski sudah bisa mengelas seadanya, Permadi yakin pelatihan keterampilan yang diberikan Kodim Depok ini akan mampu mengasah kemampuannya mengelas menjadi jauh lebih baik.

Apalagi teknik mengelas kali ini didapat Permadi dan 14 orang lainnya di kelas mengelas, dari instruktur yang sangat berpengalaman yakni Kapten Abdul Gofar dari bagian Peralatan Kodam (Paldam) Jaya.

Ia akan mendapat pelatihan selama tiga hari.

"Makanya saya antusias dan senang sekali bisa ikut pelatihan keterampilan mengelas gratis ini. Sebab walaupun saya sudah bisa mengelas, hasil lasan saya, saya rasa masih kurang baik," kata Permadi di Makodim 0508/Depok, Selasa (06/11).

Ia mengaku sudah memiliki dasar mengelas dan bekerja di salah satu bengkel las di Depok. 

"Tapi saya mau mengembangkan keterampilan saya. Makanya saya minta ikut pelatihan mengelas di Kodim Depok ini," ucapnya.

Ia yakin setelah mengikuti pelatihan keterampilan mengelas ini, punya keterampilan yang lebih baik dan mampu lebih cepat dan efektif saat bekerja di bengkel las tempatnya bekerja. 

"Saya yakin talenta saya di sini, makanya mau saya asah terus meski sudah punya dasar untuk las," kata Permadi lagi.

Permadi mengaku bersyukur dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kodim Depok ini.

"Dengan pelatihan ini saya jadj tahu dasar mengelas yang benar, serta tahu  cara menjaga keselamatan kala bekerja. Karenanya saya ucapkan terima kasih sekali pelatihannya kepada Kodim Depok," kata dia.

Dari pelatihan mengelas yang didapatnya di hari pertama, Permadi mengaku menjadi lebih tahu cara mengelas atau menyambungkan dua material besi dengan teksture lebih halus.

"Selain itu cara keselamatan kerja, dan menjaga kesehatan meski mengelas seharian, juga diajari di pelatihan tadi." katanya.

Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto yang juga Komandan Satgas TMMD mengatakan sebagai rangkaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Kota Depok, Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/ Depok memberikan pelatihan keterampilan kerja gratis berupa mengecat, permontiran atau perbengkelan, mengelas, dan mengemudi kepada 45 warga Depok dan sekitarnya, mulai Selasa (6/11/2018) hingga Kamis (8/11/2018).

Sebanyak 45 warga itu mendapat pelatihan keterampilan kerja, di mana masing-masing satu bidang keterampilan, adalah mereka yang dianggap tepat dan berminat dengan keterampilan yang ditawarkan.

Warga yang mengikuti pelatihan itu merupakan binaan Babinsa Kodim Depok pada setiap kelurahan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sasaran non fisik TMMD ke 103 di Depok, dimana kami mencoba melatih dan meningkatkan keterampilan masyarakat agar nantinya dapat lebih maju secara ekonomi. Pelatihan ini akan diberikan selama tiga hari," ucapnya.

Untuk pelatihan mengecat, montir, dan mengelas kata Iskandarmanto, pihaknya bekerja sama dengan bagian Peralatan Kodam (Paldam) Jaya, dalam penyiapan instruktur atau pelatih serta peralatan praktek yang dibutuhkan.

"Sedangkan untuk keterampilan mengemudi semuanya kami siapkan dengan bekerjasama dengan bagian Pembekalan Angkutan Kodam atau Bekangdam Jaya," imbuh Iskandarmanto.

Ia menuturkan, pemberian pelatihan keterampilan bagi warga masyarakat dalam TMMD kali ini adalah hal baru atau yang pertama kali dilakukan Kodim Depok.

Sebab biasanya giat TMMD kata dia diisi dengan pengerjaan fisik berupa pembangunan infrastruktur atau dengan pemberian penyuluhan.

"Namun untuk kali ini, kami memberikan pelatihan keterampilan bagi warga yang dianggap tepat dan membutuhkan," ucap Iskandarmanto lagi.

Karena baru diadakan pertama kali ditambah dengan terbatasnya pelatih dan peralatan yang ada, kata Iskandarmanto maka setiap bidang keterampilan hanya bisa diikuti maksimal 15 orang saja.

"Pemberian pelatihan keterampilan ini adalah yang pertama kali kami berikan. Sehingga untuk awal kami berikan ke 45 warga binaan dari Babinsa kita. Ke depan tidak menutup kemungkinan kita berikan lagi pelatihan seperti ini ke warga," katanya.

Menurut Iskandarmanto setelah menjalani pelatihan keterampilan, para peserta akan mendapat sertifikat.

"Yang belum bekerja akan dibantu agar dapat bekerja sesuai keterampilan yang ada. Nantinya, Kodim/0508 Depok akan bekerja sama dengan perusahaan dan bengkel-bengkel di sekitar Depok untuk dapat menampung warga yang sudah kami latih keterampilan ini bekerja di sana," tuturnya.

Untuk itu, menurutnya, pemberian pelatihan keterampilan ini dilakuan berkesinambungan sampai warga yang sudah terampil disalurkan bekerja ke perusahaan atau bengkel-bengkel. 

"Karena kita sudah bekerja sama dengan Paldam dan Bekangdam, maka nanti tinggal diarahkan, saja untuk menyalurkan warga bekerja sesuai keterampilan yang didapat," tandasnya. (her, egi, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda