sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

Olah Raga

LARAS JABAR

Bisnis

Pernak Pernik

» » Agenda Utama PWI Bekasi Meningkatkan Profesionalisme

Pengurus PWI Bekasi periode 2018-2021 
Bekasi, Laras Post – Meningkatkan profesionalisme menjadi agenda utama pengurus PWI Bekasi periode 2018-2021, dengan melaksanakan pelatihan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Ketua PWI Bekasi, Melody Sinaga mengatakan, untuk meningkatan profesionalisme wartawan yang tergabung dalam PWI Bekasi, pihaknya akan menggelar pelatihan dan menyelenggarakan UKW melalui kerjasama dengan PWI Jawa Barat dan pihak lain.

“Nanti kita agendakan penyelenggaraan pelatihan dan uji kompetensi secara berkala,” ujarnya usai Konferensi PWI Bekasi, pada Kamis (6/12/2018) di Bekasi.

Ia mengakui, banyak anggota PWI Bekasi yang kompeten, namun hingga kini masih sedikit yang mengikuti UKW. “Kita perlu dorong mereka untuk mengikuti UKW, sesuai arahan dari PWI Jabar dan PWI Pusat,” tandasnya.

Selain itu, Melody juga akan berupaya meningkatkan status keanggotaan wartawan dari anggota muda menjadi anggota biasa, karena hingga kini anggota PWI Bekasi yang bestatus anggota biasa masih sedikit. “Kita akan fasilitasi peningkatan status anggota muda menjadi anggota biasa,” janjinya.

Menyinggung soal kesejahteraan wartawan, Melody menegaskan, kesejahteraan wartawan merupakan tanggung-jawab perusahaan pers atau media tempat wartawan bekerja. 

Namun, lanjut Melody, tidak tertutup kemungkinan PWI turut memperhatikan kesejahteraan, salah satunya dengan membentuk  koperasi wartawan. “Pada intinya, tugas kita adalah meningkatkan profesionalisme dan memfasilitasi UKW,” tegasnya.

Banyak Wartawan Tanpa Organisasi
Sebelumnya, Plt Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, saat ini masih banyak wartawan belum tergabung dalam organisasi kewartawanan. 

Hilman mengungkapkan, berdasarkan data Serikat Pekerja Media Siber (SMSI) jumlah media daring di Indonesia mencapai 43.000. Jika setiap media daring mempekerjakan dua orang wartawan, maka akan ada sekitar 85.000 lebih orang-orang berprofesi sebagai wartawan media daring. Jumlah itu akan meningkat jika digabung dengan wartawan yang bekerja di media massa cetak dan elektronik.

Lebih lanjut Hilman mengatakan, penting bagi wartawan untuk masuk menjadi anggota salah satu organisasi profesi wartawan, terutama untuk memberikan perlindungan dan advokasi. “Advokasi jurnalis itu penting, kalau ada masalah di lapangan siapa yang akan mengadvokasi kalau tidak dibantu organisasi," tegasnya. 

Di samping untuk perlindungan hukum pers, masuk organisasi profesi menurut Hilman, juga berguna untuk membimbing wartawan menuju kematangan dalam melaksanakan tugas jurnalistik. 

Adapun, susunan pengurus PWI Bekasi Periode 2018 -2021, Ketua Melody Sinaga (Koran Jakpos), Wakil Ketua I Amri Siregar (Delta News), Wakil Ketua II Sarigorma S (Koran Bekasi), Sekretaris Ewwy Widiansyah (Harian Bekasi), Wakil Sekretaris Alfiyan (Harian Bekasi), Bendahara Lorayati Debataraja (Koran Transaksi), Iskandar Ikbal (Laras Post), Seksi Wartawan Organisasi Antoni Butarbutar (Pelita Rakyat), Seksi Advokasi Akram Marjuki (Larast Post), Seksi Kesejahteraan Hendri D Siregar (Harian Reaksi Nasional). (Djoko R)





«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda