sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Orientasi Wartawan Tingkatkan Profesionalisme

Ketua PWI Jaya Endang Werdiningsih didampingi jajaran pengurus PWI Jaya foto bersama peserta orinetasi wartawan di Markas PWI Jaya, Sabtu (8/12).
Jakarta, Laras Post – Perkembangan teknologi yang ditandai dengan pertumbuhan media sosial, menjadi tantangan tersendiri bagi wartawan untuk meningkatkan profesionalisme.

Ketua PWI Jaya Endang Werdiningsih mengatakan, orientasi wartawan menjadi penting guna membekali wartawan dalam menghadapi persaingan yang semakin tinggi, dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat belakangan ini.

Ketua PWI Jaya Endang Werdiningsih (kanan) didampingi para Pengurus PWI Jaya dan Pemimpin Redaksi Larast Post (kiri) C Herry SL.
“Perkembangan teknologi informasi yang ditandai dengan tumbuhnya media sosial, merupakan tantangan bagi wartawan untuk terus  meningkatkan profesionalisme,” ujarnya saat  Orientasi Wartawan dan Calon Wartawan, pada Sabtu (8/12/2018) di Kantor PWI  DKI Jakarta, Gedung Prasada Sasana Karya Lt.9. Jl Surypranoto No.8 Jakarta Pusat.

Endang menyebutkan, orientasi wartawan dimaksudkan guna memberikan pembekalan kepada wartawan dan calon wartawan dalam rangka mewujudkan insan pers yang semakin profesional, independen, dan mampu menjaga kode etik jurnalistik.

Dalam orientasi yang diikuti oleh 30 orang wartawan dan calon wartawan itu, para peserta orientasi diberikan arahan singkat tentang kode etik jurnalistik dan teknis pembuatan berita yang memenuhi kaidah jurnalistik.

Ketua PWI Jaya Endang Werdiningsih bersama kedua wartawan Larast Post yang mengikuti orientasi.
Pada kesempatan yang sama Kepala Sekolah Jurnalistik (SJI) Pangihutan Simatupang secara singkat menyampaikan makalah seputar teknik menulis berita.

Simatupang menegaskan, sebuah berita harus memenuhi unsur lima W (Who, What, Why, Where, When) dan satu H (How).  “Dalam sebuah berita ada tiga unsur, pertama Judul, kedua Lead dan ketiga Body,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris I Bidang Keanggotaan PWI Jaya Kesit B.Handoyo mengatakan, orientasi wartawan dilaksanakan bagi calon anggota PWI dan anggota PWI yang kartu keanggotaannya sudah kadaluarsa atau habis masa berlakunya.

Menurutnya, orientasi wartawan penting guna meningkatkan profesionalisme di era pertumbuhan media massa dan media sosial yang demikian pesat.
Hal ini, lanjut Kesit, sejalan dengan kebijakan Dewan Pers yang sejak tahun 2010 telah menerapkan Uji Kompetensi Wartawan  (UKW).

Peserta orientasi.
Ia mengungkapkan, pada tahun depan UKW akan dilaksanakan secara berjenjang, yakni mulai dari jenjang muda, madya hingga utama. “Jika sebelumnya jajaran pimpinan media bisa langsung mengikuti UKW jenjang utama, maka pada tahun depan harus melalui jenjang muda terlebih dahulu, kemudia  madya, dan baru bisa ikut UKW jenjang utama,” terangnya.

Wakil Ketua Bidang Hukum dan Pembelaan Wartawan, Arman Suparman menyampaikan materi tentang hukum pers dan perlindungan hukum terhadap wartawan.

Pada sesi akhir orientasi, Ketua Bidang Pendidikan, Kadir menyampaikan materi menyangkut UKW.
Adapun materi lainnya yang diberikan antara lain, tentang identifikasi Media Massa di Indonesia, Asas Kemerdekaan Pers, Kode Etik Jurnalistik, Undang Undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers dan masalah perlindungan hukum terkait kewartawanan.

Hadir pula pada kesempatan ini, Sekretaris PWI DKI Jakarta Said Iskandar, Ketua Seksi Wartawan Perkotan Provinsi DKI Jakarta Birman Nainggolan, Wakil Ketua Kesra Iqbal Irsyad, dan Pemimpin Redaksi Laras Post, C Herry SL. (her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda