sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

Olah Raga

LARAS JABAR

Bisnis

Pernak Pernik

» » Hari Dharma Samudera TNI AL Gelar Doa Serempak Di Seluruh Zona Waktu

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., ketika memimpin doa bersama di KRI Banda Aceh-593 yang sandar di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/01).
Jakarta, Laras Post - TNI Angkatan Laut melaksanakan doa bersama serentak di seluruh zona waktu, guna mengenang peristiwa pertempuran Laut Arafuru atau lebih dikenal dengan Hari Dharma Samudera, yang terjadi pada  15 Januari 1962. Doa mengenang kepahlawanan Yos Sudarso dan para pahlawan laut lainnya ini, di wilayah Jakarta dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di KRI Banda Aceh-593 yang sandar di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/01).

Demikian siaran pers yang dilangsir Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Selasa (15/01) dini hari.

Doa mengenang peristiwa tenggelamnya RI Matjan Tutul dalam pertempuran dengan kapal AL Belanda, dilaksanakan secara serentak dan bersamaan oleh seluruh prajurit TNI AL yang berdinas di KRI maupun Pangkalan.

Dikatakan oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., saat memimpin kegiatan tersebut bahwa, kumandang Kobarkan Semangat Pertempuran yang diserukan oleh Komodor Yos Sudarso mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang armada musuh yang lebih unggul. RI Matjan Tutul tenggelam secara gentel and brave sebagai kusuma bangsa.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., foto bersama para sesepuh TNI AL.
“Pengorbanan Pahlawan Samudera itu justru mengobarkan sentimen nasional untuk segera mengembalikan Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi dan berhasil diwujudkan pada tanggal 1 Mei 1963”, ungkap Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Detik-detik doa mengenang para pahlawan yang gugur di Laut Arafuru untuk wilayah Indonesia bagian Barat dilaksanakan pada pukul 20.35 WIB, wilayah Tengah 21.35 WITA dan wilayah Timur 22.35 WIT sedangkan personel yang berdinas di luar negeri waktu pelaksanaan disesuaikan dengan local time tempat KRI berada.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini turut hadir para sesepuh TNI AL mulai para Kepala Staf Angkatan Laut dari masa ke masa, para purnawirawan yang pernah menjabat sebagai Panglima Armada RI maupun Pangkolinlamil, para purnawirawan TNI AL yang pernah menjabat sebagai Komandan Korps Marinir, hingga menghadirkan keluarga pelaku sejarah pertempuran Laut Arafuru.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan doa bersama ini adalah agar warisan nilai-nilai pengabdian dan pengorbanan para pahlawan laut tersebut dapat diteruskan generasi penerus TNI AL dalam pengabdiannya untuk kejayaan TNI AL, bangsa dan negara. Selain itu juga peringatan Hari Dharma Samudera  merupakan sebuah refleksi penghormatan dan penghargaan generasi penerus TNI AL terhadap para pejuang TNI AL yang telah rela berkorban untuk kejayaan bangsa Indonesia.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan personel TNI AL wilayah Jakarta ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Pejabat Utama Mabesal, Para Pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas Mabesal, serta pejabat terkait lainnya. (Her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda