sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Kasal Irup Peringatan Hari Dharma Samudera 2019

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., saat bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup)  Hari Dharma Samudera 2019, di atas geladak KRI dr. Soeharso-990, di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/01). 
Jakarta, Laras Post - Mengenang sejarah pertempuran Laut Arafuru, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup)  Hari Dharma Samudera 2019, di atas geladak KRI dr. Soeharso-990 yang sandar di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/01).

Dalam rangkaian upacara peringatan Hari Dharma Samudera 2019, setelah penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para Pahlawan, Kasal melaksanakan pelarungan bunga dilanjutkan prosesi tabur bunga ke laut yang diikuti oleh peserta upacara.

Adapun Komandan Upacara (Danup) upacara kali ini adalah Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga, yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal III Jakarta. Peserta upacara tampak berjajar rapi terdiri dari peleton Perwira, Bintara, Tamtama TNI AL dan peleton Gabungan TNI-Polri wilayah Jakarta, serta perwakilan Pramuka.

Kasal saat melaksanakan pelarungan bunga dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga ke laut yang diikuti oleh peserta upacara.
Dalam amanatnya  Kasal antara lain mengatakan, Hari Dharma Samudera merupakan bentuk penghormatan terhadap para Pahlawan Bangsa sekaligus untuk mengenang peristiwa yang terjadi di Laut Arafuru, berlangsung 57 tahun silam. 

“Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Tiga kapal cepat ALRI, yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan tiga kapal kombatan utama dan sebuah pesawat udara angkatan laut Belanda. Ketiga kapal itu tergabung dalam satuan tugas Chusus-9 atau STC-9 dengan mengemban misi infiltrasi mendaratkan pasukan angkatan darat di timur Kaimana sebagai langkah awal perjuangan Trikora”, ungkap Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Usai upacara tabur bunga, acara dilanjutkan dengan penyerahan tali asih dari Kasal kepada ahli waris ABK RI Matjan Tutul, penyerahan PIN kepada Kasal dari masa ke masa, pemberian penghargaan dan hadiah pemenang lomba photo dan video TNI AL kategori perorangan militer dan umum, serta kepada pemenang lomba video Dharma Samudera Cup antar Kotama dan Satuan TNI AL.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., ketika menyerahkan piala, piagam  dan uang pembinaan kepada pemenang lomba video dalam rangka Hari Dharma Samudera.
Dalam kesempatan tersebut, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyerahkan piala, piagam dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba video dalam rangka Hari Dharma Samudera di antaranya, Juara I dengan judul “Perjuangan Sang Tukang Sapu” karya Sertu TKU Agus Dwi Pranata dari STTAL, Juara II dengan judul “Serbuan Prajurit Laut” karya Kopda Mar Helmy Saul Manuain dari Sintel Pasmar 2 dan Juara III dengan judul “Mendarat dan Menang” karya Prada Mar Suripto dari Dispen Pasmar 2. 

Sedangkan untuk pemenang lomba video antar Kotama TNI AL di antaranya yaitu Juara I diraih oleh Seskoal, Juara II diraih oleh AAL dan Juara III diraih oleh Lanal Nunukan.

Sementara itu, kepada pemenang Lomba Foto, Kasal menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada Juara I Serma NAV Purwadi dari Dispen Koarmada II, Juara II Dahono Fitrianto wartawan Kompas dan Juara III Nur Rohman dari Pasmar 2. 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., foto bersama dwngan Kasal dari masa ke masa.
Hadir dalam peringatan Hari Dharma Samudera 2019 di antaranya, Kasal dari masa ke masa yaitu Laksamana TNI (Purn) Achmad Sutjipto, Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Laksamana TNI (Purn) Slamet Soebijanto, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Irjenal, Koorsahli Kasal, para Asisten Kasal, Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta, para Kadis jajaran Mabesal, para Pengurus Pusat Jalasenastri dan para Pejabat terkait serta undangan lainnya.

Demikian siaran pers yang dilangsir Dinas Penerangan Angkatan Laut, Selasa (15/01) siang. (Her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda