sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Kementerian ATR/BPN Temui Kendala pada Pelaksanaan PTSL

Jajaran Kementerian ATR/BPN foto bersama usai pembukaan Rakernas 2019 di Istana Negara, Jakarta
Jakarta, Laras Post – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengatakan, pihaknya menemui sejumlah kendala dalam melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“PTSL bukan tanpa halangan dan tantangan, baik tantangan medan yang sulit dan membahayakan, juga tantangan sosial masyarakat di sejumlah daerah,” ungkap Sofyan saat menyampaikan laporan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (6/2/2019) di Istana Negara Jakarta.

Meski demikian, lanjut Sofyan, berkat dukungan Presiden Joko Widodo, dengan kerja keras pihaknya berhasil mencapai target yang telah ditentukan setiap tahun.

Sofyan menyebutkan, pada tahun 2017 pihaknya berhasil mencapai target penerbitan sertipikat sebanyak 5 juta bidang, pada tahun 2018 lalu melampaui target sebanyak 7 juta bidang, dan tahun 2019 ini target meningkat menjadi 9 juta bidang.

“Tahun berikutnya akan terus ditinggkatkan. Diperkirakan sekitar 126 juta bidang yang ada di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2025 nanti akan terdaftar dan diterbitkan secara lengkap,” ujarnya.

Lebih lanjut Sofyan menyebutkan, kedepan dalam melaksanakan PTSL akan melibatkan peran serta masyarakat setempat, sehingga akan mampu memberikan peluang kerja bagi warga desa setempat.

Lebih lanjut Sofyan mengatakan, selain menunjukan kinerja yang baik melalui pencapaian target, Kementerian ATR/BPN juga sedang mengembangkan Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Disebutkan, pada tahun 2018 lalu, tiga unit kerja Kementerian ATR/BPN, yakni Kantor Pertanahan Kota Langsa, Kantor Pertanahan Kota Bandung dan Kantor Pertanahan Kota Surabaya I, memperoleh Penghargaan Zona Integritas(ZI) WBK dan WBBM oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). “Kita targetkan pada tahun 2019 ini zona integritas pada sebanyak 20 kantor pertanahan,” janjinya. (her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda