sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

INFO BOLA

» » Bangunjaya Wakil Kabupaten Bogor di P2WKSS Jawa Barat

Staff Ahli Bupati bidang Administrasi dan Keuangan Kabupaten Bogor, Dadi Gumilar menerima kunjungan Tim Verifikasi program terpadu P2WKSS, di lokasi P2WKSS Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg, Kamis (14/3).
Bogor, Latas Post - Tim Verifikasi program terpadu P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 melakukan kunjungan ke Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg karena mewakili Kabupaten Bogor pada tingkat Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Tim verifikasi dari Provinsi Jawa Barat diterima langsung oleh Staff Ahli Bupati bidang Administrasi dan Keuangan Kabupaten Bogor, Dadi Gumilar, bertempat di lokasi P2WKSS Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg, Kamis (14/3).

Dalam sambutannya pelaksanaan program terpadu P2WKSS yang mendorong seluruh organisasi perangkat daerah untuk mengembangkan jejaring lintas sektor secara sinergis dengan memusatkan perhatian pada aspek pemberdayaan masyarakat, kiranya akan memberikan peluang bagi terbentuknya sistem pemberdayaan masyarakat yang memungkinkan potensi-potensi desa berkembang dengan kaum perempuan sebagai penggeraknya.

Ia juga menambahkan, Desa binaan P2WKSS di Kabupaten Bogor adalah Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg, Dengan kondisi awal jumlah warga mayoritas adalah pra KS dan KS 1, kondisi lingkungan belum memenuhi standar minimal kesehatan dan masih didominasi rumah tidak layak huni, mayoritas tanpa mck dan sumber air bersih, demikian pula sarana kesehatan/posyandu belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

"kondisi ini menjadikan masyarakat Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg berada dalam kerawanan sosial ekonomi dan memerlukan perhatian khususnya agar kualitas kehidupan masyarakatnya meningkat,"ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Bogor menetapkan Kampung Nanggung RT 02 dan 03 RW Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg sebagai lokasi binaan P2WKSS. Adapun tindak lanjut yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Desa Bangunjaya diupayakan oleh perangkat daerah terkait bersama sama tim penggerak PKK, kalangan dunia usaha dan berbagai stakeholder pembangunan yang berkompeten, dengan kegiatan  antara lain penyuluhan, pembinaan dan pembentukan kelompok-kelompok kegiatan yang mengutamakan peranan perempuan. Seperti poktan BKB, BKR, BKL, UPPKS, UP2K, kelompok pekka, koperasi wanita, kelompok wanita tani, kampung KB,   kampung ramah lingkungan dan kampung anak.

"sejalan dengan sinergritas perangkat daerah dan seluruh elemen masyarakat yang telah terbangun sejak awal, pembinaan Desa Bangunjaya telah mendorong keterlibatan kalangan dunia usaha dan lembaga-lembaga sosial,"katanya.

 Ketua Tim Verifikasi program terpadu P2WKSS Dr. Hj. Neni A.
Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi, Dr.Hj.Neni A. Menjelaskan program terpadu P2WKSS menitikberatkan pada persoalan-persoalan desa binaan yang tercakup dalam dua program, yakni program utama dan program pendukung.

Untuk program utama, kata Neni diantaranya berfokus pada perbaikan transportasi dari mulai jalan yang besar hingga masuk pada jalan-jalan kecil ataupun yang masuk gang dan pembangunan saluran air bersih.

Di program ini juga tambah Neni, pembangunan rumah tidak layak huni menjadi sasaran. Bagaimana masyarakat bisa memperhatikan ventilasi udara rumahnya, kemudian selalu menjaga kebersihan halaman rumahnya, “Dan itu bisa dikerjakan bersama-sama oleh penghuni rumah. Harus ada pembagian peran kerja dalam rumah tangga, antara Ayah, ibu dan anak,” imbuhnya pula.

Sementara sebagai program pendukung, lanjut Neni di desa Bangunjaya perlu dibentuk kelompok-kelompok masyarakat untuk memudahkan program-program itu langsung terserap oleh masyarakat. (Andi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda