sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » KPK Segera Panggil Menag

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah
Jakarta, Laras Post -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan segera memanggil Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, dalam kasus dugaan suap seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI tahun 2018-2019.

Penyidik lembaga anti rasuah ini juga, akan memanggil Sekretaris Jenderal Kemenag M Nur Kholis dan Kepala Biro Kepegawaian Kemenag, Ahmadi, serta sejumlah pejabat Kemenag yang memiliki kewenangan berkaitan dengan proses seleksi jabatan di lingkungan Kemenag.

"Saya pikir sebagai kementerian, pasti akan dimintai klarifikasi," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Hal senada dikatakan, Kepala Biro Humas KPK, Febri Diansyah, menurutnya sepanjang penyidik KPK menilai perlu memintai keterangan Menag dan pejabat lainnya di Kemenag, maka akan dilakukan pemanggilan.

"Akan dipanggil baik Menteri, Sekjen, Kepala Biro Kepegawaian dan juga pihak terkait, sepanjang penyidik menilai perlunya klarifikasi mereka," ungkapnya kepada wartawan, di kantor KPK, pada Selasa (19/3/2019).

Febri menjelaskan, penyidik KPK perlu mencermati proses seleksi jabatan di Kemenang, dan akan mendalami keterangan dari banyak saksi.

"KPK fokus pada proses seleksi, sebenarnya bagaimana sejak awal dan dokumen terkait penjatuhan sanksi disipilin kepada tersangka HRS, ini termasuk hal yang kami perhatikan juga," jelasnya.

Geledah Ruang Menag

Sebelumnya, penyidik KPK menyita uang ratusan juta berupa pecahan rupiah dan dolar Amerika Serikat dari ruang Menag. Penyitaan dilakukan saat penyidik KPK melakukan penggeledahan di ruang kerja Menag, pada Senin (18/3/2019), terkait perkara dugaan suap kepada Rommy yang saat ini telah menyandang status tersangka.

Febri mengungkapkan, penyidik KPK menyita sejumlah uang alam bentuk rupiah dan dolar dengan nilai ratusan juta rupiah dari ruang Menteri Agama. 

Selain menyita sejumlah uang, KPK juga menyita sejumlah dokumen dari tiga ruangan di Kemenag, yakni di ruang Menag, Sekjen Kemenag, dan Kepala Biro Kepegawaian.

Dari Kemenag, lanjut Febri, diamankan sejumlah dokumen terkait proses seleksi kepegawaian, baik bagaimana tahapannya dan hasilnya. “Diamankan juga dokumen terkait hukuman disiplin yang diberikan kepada salah satu tersangka," tegasnya.

Selain di Kemenag, KPK juga melakukan penggeledahan di kantor PPP, yakni ruang Ketua Umum, Bendahara Umum dan ruang administrasi. Dalam penggeledahan di kantor PPP, KPK meyita sejumlah dokumen, terkait posisi Rommy sebagai eks Ketua Umum. 

Pada kasus dugaan suap ini, KPK telah menetapkan 3 orang tersangka, pertama eks Ketum Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy, kedua Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan ketiga Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin. (her, sg, ram)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda