sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

Olah Raga

LARAS JABAR

Bisnis

Pernak Pernik

» » Pameran Harkonas 2019: Saatnya Konsumen Berdaya

Mendag bersama Gubernur Jawa Barat meninjau salah satu stand peserta pameran
Bandung, Laras Post – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) bekerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggelar pameran dengan tema “Edukasi Pameran” di halaman lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat pada Selasa – Rabu (19—20/3/2019). 

Pameran ini dihadiri Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan dibuka Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.  Pameran  ini  merupakan  bagian  dari  rangkaian  kegiatan  menyambut  Hari  Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 yang acara puncaknya akan berlangsung besok, Rabu (20/3/2019).

“Melalui pameran ini diharapkan konsumen Indonesia semakin cerdas dan berdaya sesuai dengan tema  Harkonas  2019  yaitu  ‘Saatnya  Konsumen  Indonesia  Berdaya’.  Selain  itu,  diharapkan konsumen semakin teredukasi dan semakin tahu hak dan kewajibannya. Kita juga mendorong para produsen untuk bertanggung jawab, memenuhi janji dan komitmennya agar tidak ditinggalkan konsumen,” ungkap Mendag.

Direktur  Jenderal PKTN Veri Anggriono menambahkan, tema “Edukasi Konsumen” merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan strategi nasional perlindungan yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2017. Arah kebijakan strategi nasional perlindungan konsumen adalah memperkuat pondasi dan mempercepat implementasi perlindungan konsumen dengan  memprioritaskan  sembilan  sektor yang menjadi tugas fungsi sepuluh kementerian/lembaga terkait. 

Kesembilan sektor prioritas tersebut adalah obat dan makanan, jasa keuangan, jasa transportasi, listrik dan gas rumah tangga, jasa telekomunikasi, jasa layanan kesehatan,   niaga   elektronik,   perumahan,   barang   elektronik,   telematika,   serta   kendaraan bermotor.

Pameran ini terbagi dalam sembilan zona disesuaikan dengan sembilan sektor prioritas. Pameran ini menampilkan 90 stan yang terdiri dari 60 stan pelayanan pengaduan konsumen dan 30 stan produk unggulan usaha kecil, mikro, dan menengah dari Jawa Barat.

Peserta pameran ini berasal dari instansi pemerintah, pelaku usaha, dan asosiasi. Instansi pemerintah terdiri atas Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, Kementerian Agama, Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Jawa Barat, Komisi Penyiaran Indonesia, serta Ombudsman Indonesia.

“Pameran Harkonas ini memiliki konsep yang berbeda dari pameran pada umumnya. Pameran ini dimeriahkan dengan gelar wicara, kuis, dan permainan interaktif yang bertujuan memberikan edukasi kepada konsumen,” ujar Veri


Pada kesempatan ini, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa pameran Harkonas kali ini merupakan kesempatan   bagi   Pemerintah   Provinsi   Jawa   barat   untuk   menyosialisasikan   pentingnya perlindungan konsumen kepada masyarakat.

“Diharapkan melalui pameran ini masyarakat semakin sadar akan hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Selain itu, kesempatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan dan meningkatkan   daya   saing   para   pelaku   usaha,   menghargai   hak-hak   konsumen   dengan memproduksi barang/jasa yang berkualitas dan aman digunakan serta mengikuti standar yang berlaku,” kata Ridwan Kamil.

Setelah   pembukaan,   Mendag   dan   Ridwan   Kamil   berkesempatan   meninjau   pameran   dan berbincang dengan peserta. Selain itu, Mendag dan Ridwan Kamil juga menandatangani deklarasi “Aku Cinta Produk Indonesia” di sela peninjauan pameran. (her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda