sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Seni Budaya Perekat Identitas Bangsa

Dari kiri ke kanan: Kasubid ketahanan ekonomi seni dan budaya propinsi DKI Jakarta, Dra. Yayuk Hari S, plt kepala badan Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si. dan Kasubdit Ekosbud Dirjend Polpum Kemendagri, Dra. Elly Yuniarti, MM.
Bogor,  Laras Post - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Propinsi DKI Jakarta menggelar dialog Membangun Semangat Cinta Seni dan Budaya Angkatan I Tahun 2019 di Hotel Bahtera Cipayung Bogor pada 14 – 16 Maret 2019.

Acara yang dibuka langsung oleh Plt. Kepala Badan Kesbangpol Propinsi DKI Jakarta Drs. Taufan Bakri, MSi. dan dihadiri utusan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, para budayawan, seniman, tokoh agama, tokoh peradaban, tokoh kesenian, pelaku praktis kebudayaan, akademisi, pemerhati budaya, Kamis (14/3).

Taufan Bakri menegaskan, seni dan budaya merupakan pembentuk jati diri bangsa, kekayaan bangsa yang harus diperhatikan secara serius dan seksama terutama dalam memajukan era globalisasi saat ini.

"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan peran serta dan tanggung jawab bersama dalam ikut melestarikan budaya, menguatkan jati diri Bangsa yang dilandasi oleh nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, semangat kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Kasubdit Ekosbud Dirjend Polpum Kemendagri, Dra. Elly Yuniarti, MM (tengah duduk) foto bersama peserta dialog.
Tujuan diadakannya dialog seni dan budaya ini adalah untuk menggalang pemikiran - pemikiran strategis yang akan dijadikan acuan dalam rangka penyusunan kebijakan, strategi dan program-program strategis pembangunan kebudayan di masa yang akan datang.

Selain itu juga, ajang tersebut dimaksudkan untuk mengenali isu-isu strategis yang berkaitan dengan budaya, tantangan dan kekuatan konsep dasar pembangunan kebudayaan.

Hadir sebagai salah satu narasumber pada acara ini adalah Dra. Elly Yuniarti, MM. Kasubdit Ekosbud Direktorat Jenderal Polpum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang akrab disapa Bunda Elly.

Para peserta dialog Membangun Semangat Cinta Seni dan Budaya Angkatan I Tahun 2019.
Bunda Elly mengatakan, saat ini apresiasi pemerintah DKI Jakarta dalam menjaga dan melestarikan seni dan budaya harus terus dikembangkan dan diberi ruang khusus yang lebih, umumnya pada ruang pendidikan anak-anak kita sebagai generasi penerus Bangsa, sehingga dapat menjadi salah satu daya tangkal radikalisme yang makin merajarela saat ini.

"Melalui kegiatan ini saya berharap seni dan budaya sebagai perekat identitas Bangsa memiliki peran strategis dalam melestarikan, memelihara norma, nilai moral, etika, serta menularkan sikap positif kepada masyarakat sekitarnya, dan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta semoga bisa menjadi contoh dan barometer untuk Propinsi – Propinsi di seluruh tanah air Republik Indonesia," pungkas Bunda Elly.

Acara berlangsung sangat khidmat, di akhir acara pembukaan dialog Seni dan Budaya ini, para peserta bersama sama menyanyikan lagu Padamu Negeri sebagai wujud dan rasa sayang kepada Bangsa Indonesia. (Srj,  sg) 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Kebudayaan harus diperjuangkan menjadi Soko Guru Pembangunan Nasional.....
    Kegiatan seperti yang dilakukan tsb harus terus digelar dari waktu ke waktu

    BalasHapus

Posting Komentar