sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Peristiwa

Hukrim

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Bantuan Kandang Ayam Desa Banjar Kejen Sudah Tereealisasi

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, Ari Widodo, ketika dimintai keterangan Laras Post.

Pasuruan, Laras Post -
Bantuan sosial (Bansos) kandang ayam dari Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, tahun 2017 sudah terealisasi. 
Bantuan yang diberikan untuk Desa Banjar Kejen tersebut berupa fisik kandang ayam serta peralatan berupa uang senilai Rp125 juta. 

Kabid Produksi Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan Ari Widodo mengakui, bantuan pembuatan kandang ayam dan peralatan sudah teralisasi di tahun 2017 lalu. 

“Itu pun dari pengajuan kelompok Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) kita survei lokasi serta mengeceknya di lapangan. Dari pengajuan tersebut dananya bisa tersalurkan 6 bulan," tuturnya kepada Laras Post, Jumat (22/03).

Dikatakan Ari, penyediaan ayam potongnya untuk pemeliharaan terdiri dari kelompok sendiri yaitu swadaya dan kemitraan. Dinas Peternakan hanya membantu tempat dan peralatan saja. “Dan dananya itu sebesar Rp125 juta ke ketua kelompok Gapoktan," bebernya.

Ketua kelompok Gapoktan ‘Tetap Jaya’ Sukirno mengatakan, pihaknya sudah menggunakan bantuan dari dinas peternakan yaitu pembuatan kandang ayam berukuran panjang 45 meter, lebar 8 meter. 

“Dan bantuan ini saya gunakan untuk pekerjaan para kelompok dengan bagi hasil memelihara ayam dari kecil sampai besar. Bantuan tersebut juga dapat mengurangi pengangguran warga setempat," ungkapnya.

Menurutnya, untuk pemeliharaan memang butuh dana sendiri termasuk pakan ayam potongnya karena sekarang pakannya agak mahal.  

“Jadi, kita ya harus butuh kemitraan dengan perusahaan agar bisa memelihara ayam sampai besar. Kalau tidak ada kemitraan dari perusahaan kita ya sedikit kekurangan pakan jadi nggak bisa besar ayamnya,” tukasnya.

“Dari tahun 2017 sampai 2019 kita panen ayam potong sudah 6 kali panen,” ujarnya nenambahkan (dul)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda