sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Agraria

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » BNPB, BPBD, SAR, dan BNPP Diminta Terus Lakukan Pertolongan kepada Korban Banjir


Banjir di Demak, Jawa Tengah . (Foto ist )

Jakarta, Laras Post - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim SAR Gabungan, bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) diminta terus melakukan upaya pertolongan kepada warga yang rumahnya terendam banjir di sejumlah wilayah Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo terkait bencana banjir yang melanda Kabupaten Demak (Jawa Tengah), Indramayu (Jawa Barat), Sidoarjo (Jawa Timur), Surabaya (Jawa Timur), dan Bandung (Jawa Barat), yang berdampak pada kondisi fisik dan psikis masyarakat, rusaknya infrastruktur, serta terhambatnya arus lalu lintas di kawasan industri. 

Oleh karena itu, sambung Bamsoet,  sapaan akrabnya, langkah-langkah yang dipersiapkan seperti prioritas pada penyelamatan jiwa, mempersiapkan tempat pengungsian bagi warga terdampak banjir, serta melakukan pendataan dan identifikasi kerugian akibat bencana tersebut. 

"Kita juga mendorong Kementerian Sosial (Kemensos) berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Taruna Siaga Bencana (TAGANA) untuk terus memobilisasi pemberian dan penyaluran bantuan kemanusiaan agar kebutuhan para pengungsi dapat disalurkan tepat sasaran dengan memperhatikan informasi dan data yang sudah diverifikasi oleh pemerintah," ujarnya dalam siaran persnya,  Jumat (12/4/2019).

Selain itu, politisi Partai Golkar menyambung ucapannya, pihaknya juga mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) siap siaga dalam menyediakan obat-obatan dan tenaga kesehatan guna mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul dan dialami oleh para pengungsi, serta bersama Kemensos membuat klinik trauma  healing pasca bencana, guna membangun dan memulihkan kembali mental dan psikis korban terdampak banjir bandang. 

"Kita juga minta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bersama BPBD bersama Pemda untuk segera membangun kembali rumah-rumah warga dan infrastruktur terdampak banjir dan membenahi tanggul-tanggul yang jebol, guna menata dan memulihkan kembali kehidupan para korban terdampak banjir, termasuk arus lalu lintas di kawasan industri," terangnya. (wan

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda