sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

Olah Raga

LARAS JABAR

Bisnis

Pernak Pernik

» » Arab Saudi Gelar Idul Fitri Lebih Cepat dari Indonesia


Jakarta, Laras Post - Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan dan menggelar lebaran Idul Fitri pada hari ini Selasa (4/6/19).

Tak hanya itu, pelaksanaan Sholat Idul Fitri telah dilaksanakan di Masjidil Haram, pada Selasa (4/6/19) pagi waktu setempat, dengan diikuti jutaan kaum muslimin dan muslimat.

Hal itu seperti yang disiarkan secara langsung TV pemerintah Arab Saudi Al-quranulKarim pada Selasa (4/619) pukul 06.00 pagi waktu setempat (10.00 WIB)

Pelaksanaan perayaan Idul Fitri di Arab Saudi itu satu hari lebih cepat dibanding Indonesia yang digenapkan puasa 30 hari, sesuai hasil sidang isbat yang ditetapkan Rabu (5/6/19) besok.

Berdasarkan Ilinformasi resmi dari Arab Saudi yang dilansir Serambinews.com usai melaksanakan Shalat Isya berjamaah di Masjidil Haram, Mekkah, tidak ada lagi sholat tarawih, Senin (3/6/2019) malam sekitar pukul 21.00 Waktu Arab Saudi.

Seusai Shalat Isya ini, Imam Masjidil Haram berkhutbah singkat. Intinya ia menyampaikan selesai sudah Ramadhan 1440 Hijriah.

Semoga segala amal ibadah yang sudah dikerjakan selama Ramadhan ini diterima Allah SWT.

Kemudian, ia mengajak jamaah untuk sama-sama melaksanakan shalat Idul Fitri besok pagi.

Namun, berbeda dengan di Indonesia, termasuk Aceh yang ditandai lebaran dengan takbir bersama-sama seusai shalat magrib dan isya, bahkan dilakukan pawai di jalan.

Namun hal itu tidak ada di Arab Saudi.

"Takbir besok baru ada sebentar seusai shalat subuh dan jelang Shalat Id pada paginya," kata Ahmad, warga Jawa Tengah yang sudah tiga tahun bekerja di bagian instalasi listrik Masjidil Haram.

Namun hal itu tidak ada di Arab Saudi.

"Takbir besok baru ada sebentar seusai shalat subuh dan jelang Shalat Id pada paginya," kata Ahmad, warga Jawa Tengah yang sudah tiga tahun bekerja di bagian instalasi listrik Masjidil Haram.

Seperti diketahui terjadi perbedaan waktu empat jam antara Arab Saudi dengan Waktu Indonesia Barat.

Misalnya, Waktu Arab Saudi pukul 21.43, maka Waktu Indonesia Barat, termasuk Aceh adalah pukul 01.43 WIB keesokannya.

Adapun tanda-tanda 1 Syawal 1440 Hijriah di Arab Saudi jatuh Selasa (4/6/2019) sudah terlihat saat shalat Tarawih di Masjidil Haram, Minggu (2/6/2019) malam.

Dalam Shalat Tarawih itu, imam sudah habis membacakan semua ayat-ayat pendek di juz 30.

Dengan demikian, bacaan imam saat Shalat Tarawih satu malam satu juz hingga khatam 30 juz sampai malam terakhir Ramadhan, sudah selesai. (sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda