sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Agraria

LARAS JATENG

Laras Jatim

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Lomba Ngeset Kulit Kambing, Meriahkan Lebaran Tanah Abang

Jakarta, Laras Post  - Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, membuka lomba ngeset (menguliti) kambing pada acara Lebaran Tanah Abang 2019.

“Lomba ini bertujuan melestarikan budaya dan mempererat silaturahmi warga Tanah Abang khususnya dan warga Jakarta pada umumnya,” kata panitia Lebaran Tanah Abang, Buyung, Sabtu (13/7/2019) di Jakarta.

Beragam acara yang ditampilkan, diantaranya atraksi silat, palang pintu, tari betawi, gambang kromong, ondel ondel, lagu melayu, dan menyajikan berbagai macam kuliner buadaya Betawi.

Buyung mengungkapkan, Lebaran Tanah Abang akan salalu  mempertahankan tradisi saling bersilaturahmi pada saat Hari Raya Idul Fitri dan menjalin kembali ikatan kekerabatan antara warga masyarakat Tanah Abang, baik yang masih tinggal di Tanah Abang maupun yang sudah pindah dari Tanah Abang.

Walaupun jumlah masyarakat Betawi di Tanah Abang, bisa jadi sekarang tidak terlalu banyak, namun pengaruh tradisi Betawi masih amat besar di kawasan pusat grosir tekstil terbesar di kawasan Asia Tenggara ini. 

Salah seorng juri lomba Amri Muchlis mengatakan, pada acara Lebaran Tenabang kali ini mengadakan Lomba Ngeset Kambing yaitu perlombaan adu ketangkasan menguliti kambing yang telah disembelih.

Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Tanah Abang akan mengikuti acara ini. Adapun aspek yang akan dinilai meliputi kecepatan, kerapihan dan kebersihan. 

“Selain kriteria penilaian kecepatan, kerapihan dan kebersihan, tentunya proses penyembelihan hewan kambing ini terlebih dahulu harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam syariat Islam,” tutur Amri.

Daging kambing yang telah dipotong dalam lomba ngeset kambing tersebut akan diproses dan dimasak langsung di lokasi acara oleh ahli masak warga Tanah Abang serta akan dinikmati bersama-sama oleh warga yang mengikuti prosesi tahlilan bareng dan pembacaan Rawi Melayu Betawi.

Pada akhir acara nantinya akan menayangkan film dokumenter sejarah Tanah Abang dan wawancara tokoh-tokoh masyarakat setempat mengenai folklore (cerita rakyat) yang berkembang di wilayah Tanah Abang. 

Penanggung Jawab kegiatan, Roni Adi mengatakan, dengan diadakannya kegiatan Lebaran Tanah abang 2019 ini, ingin merekatkan kembali ikatan kekerabatan di antara masyarakat Tanah Abang, baik yang masih tinggal di Tanah Abang maupun yang sudah pindah dari Tanah Abang. 

“Mudah-mudahan juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian warga terhadap sejarah perkembangan kotanya dan meningkatkan rasa cinta terhadap warisan kebudayaan Betawi di mana dirinya tinggal,” ujarnya. 

Acara ini terselenggara atas kerja sama Silaturahim Kumpul Bareng Anak Tenah abang (Sikumbang Tanah Abang), Workshop Wira usaha UKM, PKT Tanah abang, LKB, ASTRABI, Brigade 411 Jakpus, Silat, FKPT, IKB Tanah abang, Solat, Hamas, Berantas, Tebas, Mambo, Kerukunan Anak Tenabang, Atena, SPT, PBTJ, The Big Family GG3, Risjam, ISRI, FBR, Forkabi, Bang Japar, DMI.

Sikumbang Tanah Abang merupakan suatu organisasi yang menjadi wadah silaturahmi dan pengembangan potensi para pegiat seni dan budaya Betawi di kalangan masyarakat Tanah Abang yang sampai saat ini masih kental dengan tradisi Betawi.

Sikumbang Tanah abang dideklarasikan pada 9 April 2011 di Masjid Jami Al-Ma’mur, Tanah Abang, sebuah masjid tua kebanggaan warga Tanah Abang yang berdiri sejak tahun 1704. 

Sikumbang Tanah Abang mengadakan kegiatan Lebaran Tanah abang 2019 dengan menampilkan berbagai pentas kesenian budaya Betawi yang dimainkan oleh sanggar-sanggar kesenian Betawi yang tergabung dalam wadah Sikumbang Tanah Abang.

Saat ini Sikumbang Tenah Abang mewadahi 22 perguruan silat, 6 sanggar palang pintu, 2 sanggar lenong & sanggar tarian Betawi yang ada di wilayah Kecamatan Tanah Abang maupun didirikan oleh warga Tanah Abang yang sudah pindah ke wilayah Jabodetabek.tutup nya. (Egi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda