sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

Olah Raga

LARAS JABAR

Bisnis

Pernak Pernik

» » Calon Kades Kesulitan Ajukan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana

Pegawai PN Cibinong saat menyelenggarakan pelayanan kepada pemohon
Bogor, Laras Post – Sejumlah calon kepala desa di Kabupaten Bogor kesulitan dalam mengajukan permohonan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana, di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong yang menerapkan pelayanan online.

Salah seorang kepala desa dari kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor mengaku kesulitan saat mengajukan permohonan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana secara online.  “Agak ribed,” ujarnya kepada wartawan di PN Cibinong, pada Selasa (13/8/2019).

Menurutnya, untuk mengajukan permohonan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana, pemohon harus mengajukan permohonan dengan memasukan data pemohon ke website http://eraterang.badilummahkamahagung.go.id. “Jadi, saya harus balik dulu untuk menunggu giliran sehabis memasukan data ke website,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia meminta agar pihak PN Cibinong mensosialisasikan terlebih dahulu peraturan baru yang dikeluarkan Mahkamah Agung mengenai pelayanan online.

Ketika dikonfirmasi, Humas PN Cibinong, Ben Ronald mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mensosilisasikan pelayanan online ke desa-desa.

Ia menjelaskan, para pemohon yang akan mengajukan Surat Tidak Pernah Terpidana, harus terlebih dahulu mendaftar secara online, dengan menyertakan email pribadi masing-masing. “Baru setelah itu datang ke Kantor Pengadilan Negeri Cibinong untuk mengkroscek data data yang harus disiapkan," terangnya.

Pantauan wartawan para calon kepala desa ada yang sudah mengetahui dan ada yang terlihat tak paham akan prosedur yang mengharuskan membuat email terlebih dahulu.

Seperti diketahui, permohonan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana di PN Cibinong akhir-akhir ini, meningkat karena akan dilaksanakan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bogor. Salah satu aturan atau syarat yang diberlakukan, ialah para calon kepala desa harus melampirkan surat keterangan tersebut. (vid)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda