sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

Olah Raga

LARAS JABAR

Bisnis

Pernak Pernik

» » Kemendag Dorong Sinergi Humas Pemerintah, Bangun Komunikasi Positif dengan Publik

Kepala Biro Humas Kemendag Fajarini Puntodewi 
Malang, Laras Post - Kementerian Perdagangan mengajak instansi Humas Pemerintah memperkuat sinergi dalam melayani informasi publik dan membangun komunikasi yang intens dengan masyarakat luas. 

Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas Kemendag Fajarini Puntodewi saat membuka pertemuan Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) Pemerintah dengan tema “Kebijakan Kementerian Perdagangan dalam Stabilitas Harga Bahan Pokok dan Promosi Produk Usaha Kecil dan Menengah Ekspor (UKM) Indonesia di Era Pemasaran Digital” di Malang, Jawa Timur pada hari ini, Kamis (15/8/2019).

Pertemuan diikuti pelaku humas dari instansi pemerintah pusat dan daerah serta pelaku UKM dari Kota Malang  dan  sekitarnya.  Hadir pada pertemuan  ini Staf  Ahli  Bidang  Hukum Kementerian Telekomunikasi dan Informatika Henri Subiakto, Kepala Biro Humas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Bonivasius Prasetya Ichtiarto; Kepala Biro Perencanaan dan Informasi Kementerian Koordinasitor Bidang Kemaritiman Suparman, serta Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan Kabupaten Malang Agung Purwanto.

"Humas Pemerintah menjadi ujung tombak dalam menyampaikan informasi keberhasilan dan keberadaan pemerintahan di tengah masyarakat. Di era disrupsi dan informasi digital, kinerja Humas  harus  memiliki  terobosan  dan  kreativitas  sehingga  bisa  menciptakan  suasana  yang kondusif di tengah masyarakat dengan menampilkan publikasi dan pemberitaan yang positif," ujar Puntodewi.

Menurut Puntodewi, opini publik di berbagai saluran media konvensional, digital, dan media sosial harus bisa diamati dan dipengaruhi untuk menopang proses pembangunan dan kinerja pemerintahan. Pemberitaan dan informasi positif akan melahirkan sinergi dan menghasilkan pembangunan yang baik.

"Kecepatan menyampaikan informasi juga perlu didukung dengan sinergi dan komunikasi yang baik  oleh  para  Humas  kementerian  atau  lembaga  sehingga  tujuan  membangun  pemberitaan positif dapat dilakukan dan tepat sasaran," tandas Puntodewi.

Sementara itu Henri menyampaikan, di era digital Humas Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri karena di masyarakat telah berkembang komunikasi partisipasi. Untuk itu, diperlukan sinergi dan kolaborasi Humas Pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk menyebarluaskan informasi yang benar. “Forum Bakohumas Pemerintah merupakan wadah kolaborasi dan saling dukung antar pemerintah dalam menyebarluaskan dan meluruskan informasi kepada masyarakat,” imbuhnya. 

Dalam pertemuan ini, dipaparkan kebijakan Kemendag dalam stabilisasi harga bahan pokok oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra dan pemaparan kebijakan pengembangan pasar produk UKM yang berorientasi ekspor oleh Direktur Pengembangan Pasar Dan Informasi Ekspor Iriana Trimurty Ryacudu. Pertemuan ini dirangkai dengan kunjungan ke sentra UKM Istana Bordir, Kayavit, serta ke UKM binaan Badan Narkotika Nasional (BNN) di kota Malang.

Sehari  sebelumnya,  Kemendag  juga  menggelar  pelatihan  pemasaran  digital  bagi  pelaku  UKM binaan  Dinas  Perindustrian  dan  Perdagangan  Kabupaten  Malang  serta  UKM  binaan  BNN  di Malang. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari pakar pemasaran digital Positif Plus Dinar Sudiarto. (her, sg, wan)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda