sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

» » Bir Pletok Depok yang Menyegarkan

Dji'an dan Bir Pletok
Depok, Laras Post - Bir pletok sekarang mudah ditemui di seputaran Depok. Tentunya, minuman bir ini tidak memabukkan, karena terbuat dari rempah-rempah yang berkhasiat.

Dahulu, bir pletok ini dihidangkan saat pesta hajatan orang Betawi, ataupun acara-acara di kampung Betawi.

Menurut pembuat bir pletok Betawi dari Jatijajar, Depok, Dji’an, sejarah bir pletok berawal dari penjajahan Belanda, kala itu kaum Betawi ingin seperti bangsa Belanda saat pesta selalu ada minuman bir yang menyertainya. Namun, mereka tidak ingin mabuk karena efek minum bir. 

“Kita tahu masyarakat Betawi sangat taat agama Islamnya, maka diraciklah minuman berbahan rempah-rempah, untuk minuman saat pesta, dan diberi nama bir pletok,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara Gelar Jajanan Pasar Depok, D’Mall Depok, Minggu (15/9/2019).

Bahan dasar bir pletok, Dji’an menjelaskan, minuman penghangat tubuh ini dibuat dari campuran kayu manis, serai, kayu secang dan jahe. “Khasiatnya, menambah vitalitas tubuh, mencegah masuk angin dan menyembuhkan batuk serta flu,” katanya.

Dji’an yang sehari-harinya berjualan bir pletok di pinggir jalan Jatijajar, Depok ini mengatakan, bir pletok buatannya dikemas dalam botol 300 ml dan 600 ml. Tidak hanya itu, dirinya telah membuat serbuk rempah yang dikemas dalam sachet kecil. 

“Tersedia serbuk rempah bir pletok, dalam kemasan sachet, jadi tinggal diseduh dengan air panas saja. Mau yang botol atau sachet, sama sama menyegarkan dan menyehatkan badan,” terangnya. (Haris/vid)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda