sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukrim

Peristiwa

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

Olah Raga

LARAS JABAR

Bisnis

Pernak Pernik

» » Forum Halal Tourism Gelar Pelatihan Tour Leader Bersertifikasi

Pemateri Pelatihan Tour Leader, H. Gunawan Surbakti, M.Pd, bersama peserta pelatihan.

Jakarta, Laras  Post - Forum Halal Tourism (FHT) bekerja sama dengan Sinar Mas Group Unit Syariah menggelar  Pelatihan Tour Leader Umroh dan Haji Bersertifikasi di Plaza Sinar Mas, Jalan AR Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang digelar selama dua hari (4-5 September 2019) bertujuan agar peserta pelatihan memiliki  pengetahuan mendalam tentang tata cara memandu wisata dengan baik.

"Dalam pelatihan tersebut, para peserta (Tour Leader) dijelaskan sedetil mungkin bagaimana memandu rombongan tur wisata di suatu obyek wiasata, mulai dari latar belakang sejarah, tata cara, dan kebiasaan hidup masyarakat setempat hingga tempat membeli suvenir dan makan di obyek wisata yang dituju," ujar Ketua Pelaksana Pelatihan sekaligus Pemateri Pelatihan H. Gunawan Surbakti, M.Pd, kepada Laras Post di sela pelatihan, Rabu (4/9/2019). 


Dia mengakui, dengan pelatihan ini para Tour Leader (TL) memiliki kompetensi di bidangnya. “Dan memiliki sertifikat sebagai Tour Leader,” terang Gunawan.

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman (Tour Leader) yang begitu antusias ingin mengikuti pelatihan ini. Dan di luar dugaan, awalnya hanya 5 orang yang ingin menjadi peserta, namun akhirnya menjadi 28 orang yang menjadi peserta,” tukasnya seraya mengakui, saat pelatihan hanya dihadiri 23 orang, lima orang lainnya berhalangan lantaran ada kegiatan lain yang waktunya bentrok dengan pelatihan.

Gunawan kembali menuturkan bahwa pelatihan yang digelar Forum Halal Tourism (FHT) sudah beberapa kali diselenggarakan. 

"Terus terang saja banyak permintaan untuk menggelar pelatihan di beberapa daerah. Seperti di Pontianak, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan kota lainnya,” papar Gunawan.


Seorang peserta pelatihan asal Pekanbaru, Riau, Icha, mengaku sangat  tertarik mengikuti kegiatan ini. “Karena saya pikir untuk mendapatkan legalitas sertifikasi dari badan yang sah itu sangat penting sekali,” ujarnya kepada Laras Post di sela pelatihan, Rabu (4/9/2019).

Icha mengakui, dia bersama suaminya sudah 19 tahun mengelola usaha biro perjalanan wisata di Perkanbaru, Riau. 

Peserta pelatihan dari Pekanbaru, Riau, Icha.

“Mungkin saya selama ini belum terpikirkan dan memahami pentingnya kompetensi sebagai pengusaha sekaligus sebagai  Tour Guide (pemandu wisata). Alhamdulillah dengan pelatihan bersertifikat ini saya dapat lebih mengerti bahwa sebagai pengusaha sekaligus sebagai seorang Tour Leader kita harus memiliki  legalitas, kompetensi,’ tegas Icha.

Dia berharap pelatihan ini kian memotivasi para Tour Leader agar bekerja lebih profesional. Saya senang bisa mendapatkan banyak ilmu dari orang sangat profesional dan luar biasa seperti pak Gunawan," cetusnya. (egi/wn)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda