sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Info Pasar

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Jalur Kereta Api Semarang - Rembang Segera Diaktifkan Kembali

Ilustrasi jalur KA Semarang- Rembang
Semarang, Laras Post - Jalur kereta api dari Semarang menuju Lasem Rembang, segera diaktifkan kembali. Target reaktivasi dimulai tahun 2023 sampai 2031.

Kepala Seksi Perkeretaapian Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Fajar Rakhmat mengatakan, Jika dimungkinkan, reaktivitas di jalur padat tersebut diwujudkan secara bertahap mulai tahun 2023. Pengaktifan jalurnya mencakup Semarang, Demak, Kudus, Pati dan berakhir di Lasem, Rembang.

“Kami sudah meminta para kepala daerah untuk mengupayakan percepatan reaktivasi jalur tersebut. Reaktiviasi jalur tersebut akan dilaksanakan mulai tahun 2023, hingga berakhir 2031. Untuk mendukung rencana itu, dan tinggal menyusun Detail Enginering Design (DED),” kata Fajar, Rabu (18/9) di Semarang.

Ia mengaku menyerahkan waktu pengerjaan reaktivasi kepada Kementerian Perhubungan. Walau begitu, ia menjelaskan idealnya pengaktifan jalur KA Semarang-Lasem harus dikerjakan bertahap.

“Dikerjakan bertahap dulu dari Semarang ke Pati. Kemudian lanjut Pati ke Rembang. Kalau permintaan masyarakatnya tinggi baru dilanjutkan sampai Jawa Timur,” jelasnya.

Sementara itu, pengamat transporasi dari Unika Soegijapranata, Semarang, Joko Setijowarno meyakini rencana mengaktifkan jalur KA Semarang-Lasem akan terlaksana jika didukung antar stackholder.

Rekativasi jalur KA diperlukan untuk mengatasi padatnya kendaraan di jalur tersebut, serta menekan kerusakan dan angka kecelakaan di jalan raya.

“Kami mendukung rencana ini. Tidak perlu menunggu lama lagi. Sehingga keberadaan jalur KA mampu mengurangi kerusakan badan jalan di ruas Pantura. Selama ini arus lalu lintasnya sangat padat,” pungkasnya. (tik)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda