sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Satgas Pelantara-IX Sail Nias 2019 Gelar Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika dan Pembukaan Perkemahan Saka Bahari

Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika dan Pembukaan Perkemahan Saka Bahari TNI Angkatan Laut, di Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (11/9). 
Nias Selatan, Laras Post - Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara)-IX Saka Bahari TNI Angkatan Laut, Bela Negara dan Kapal Pemuda Nusantara menggelar Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika dan Pembukaan Perkemahan Saka Bahari TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Komanda Satuan Tugas (Dansatgas) Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara)-IX Sail Nias 2019 Kolonel Mar I Dewa Gede Wirawan, S.E., mewakili Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas yang juga selaku Ketua Pimpinan Saka Bahari Tingkat Nasional. Kegiatan ini bertempat di Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (11/9).

Upacara adat khas Gerakan Pramuka yakni Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika sebagai prosesi dibukanya kegiatan tingkat nasional ini. Pada upacara ini terdapat juga para peserta Pelantara-IX  Sail Nias 2019 mengenakan pakaian adat yang menggambarkan keberagaman adat dan budaya Indonesia yang berada dalam bingkai ke pramukaan.


Sedangkan Upacara Pembukaan Perkemahan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta ke perwakilan dari peserta putra dan putri dari Satgas Pelantara-IX Sail Nias 2019 yang terdiri dari Saka Bahari dan Bela Negara.

Dalam sambutannya Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas yang dibacakan Dansatgas Pelantara-IX Sail Nias 2019 menyampaikan bahwa ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri atas terselenggaranya kegiatan perkemahan Saka Bahari pada Pelantara-IX tahun 2019 yang bertempat di Nias Selatan. Kegiatan ini merupakan wujud peran TNI AL dalam melaksanakan tugas komponen utama pertahanan serta mendukung kebijakan poros maritim yang dicanangkan oleh pemerintah.


Lebih lanjut Kadispotmar menekankan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dengan melalui pembinaan terhadap potensi sumber daya manusia yang unggul melalui Saka Baharinya dan nilai-nilai budaya bangsa dengan tujuan melaksanakan pembinaan generasi muda dalam kerangka “National Character Building” sekaligus menyukseskan program pemerintah melalui Sail Nias 2019.

Turut hadir pada kegiatan ini Dansatgas Bela Negara Kolonel Arh Luhkito, Wadansatgas Pelantara-IX Sail Nias 2019 Letkol Mar Riyadi, Wadansatgas KPN BPK Syafril, Kwarcab Nias Selatan, Putra Putri Maritim Indonesia serta para peserta Pelantara-IX Sail Nias 2019.

Demikian siaran pers yang dilansir oleh Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut. (Her/As)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda