sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Ketum Yayasan Tunas Muda : Implementasi Kurikulum 2013 Paud Menjadi Acuan Wujudkan Tujuan Pendidikan Nasional

Ketua Umum Yayasan Tunas Muda IKKT, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto saat menutup Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 PAUD, di Aula IKKT Pragati Wira Anggini, Jl. Proklamasi No. 33, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019)
Jakarta, Laras Post - Implementasi kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini (PAUD) dapat berfungsi sebagaimana dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut, pendidikan dalam rangka mewujudkan PAUD bermutu, menjadi acuan setiap satuan dan program PAUD untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, dan sebagai dasar penjaminan mutu PAUD.

Demikian disampaikan Ketua Umum Yayasan Tunas Muda IKKT Ny. Nanny Hadi Tjahjanto saat menutup Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dengan tema “Peningkatan Kapasitas Implementasi Kurikulum 2013 Paud Tahun 2019”, di Aula IKKT Pragati Wira Anggini, Jl. Proklamasi No. 33, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).


Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menjelaskan, pentingnya masa usia keemasan anak usia dini (golden age), maka peran stimulan juga sangat menentukan, seperti lingkungan yang representatif dan kondusif.

“Anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh aspek potensi dirinya, termasuk aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai-nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni atau yang lebih dikenal dengan pendidikan anak usia dini terpadu dengan pendekatan holistik integratif,” ujar Ny. Nanny.

Lebih lanjut dikatakan Ketua Umum Yayasan Tunas Muda bahwa untuk mewujudkan pelayanan pendidikan anak memiliki standar proses yang mencakup yaitu, perencanaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik anak, serta budaya lokal. Kemudian pelaksanaan pembelajaran meliputi; Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).


Selanjutnya, evaluasi pembelajaran mencakup evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk menilai keterlaksanaan rencana pembelajaran dan pengawasan pembelajaran merupakan proses penilaian serta pengarahan dilakukan oleh kepala satuan atau program PAUD terhadap Guru PAUD/Guru Pendamping/Guru Pendamping Muda dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran.

Dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, yang diikuti oleh 80 guru Paud dari Yayasan Tunas Muda, Yayasan Kartika Jaya, Yayasan Ardhya Garini dan Yayasan Hangtuah, telah diberikan pembekalan diantaranya mengenai “Pengembangan Bahasa dan Matematika Anak Usia Dini” oleh Yuliani Nurani, “Pengelolaan Kelas bermuatan STEAM dengan menggunakan Loose Parts” oleh Iswadi Idris, dan “Pelatihan Penguasaan Kompetensi Music and Movement untuk menjadi guru Paud professional” oleh Leli Kurniawati. (sg/pen)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda