sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Peran Babinsa di TMMD, Antara Membangun dan Membina Masyarakat


Purwakarta, Laras Post - Babinsa memang sangat lekat di kehidupan sehari-hari masyarakat. Misalnya, ada Longsor, banjir, pembuatan jalan, kecelakaan lalu lintas di jalan daerah, khitanan massal, pembangunan Rutilahu, hingga akrab mengobrol di warung kopi bersama warga dan ada sosok berseragam TNI di sana, maka itulah Babinsa.

Seorang Babinsa selalu mengabdikan dirinya untuk masyarakat binaannya. Bahkan sudah dijadikan sebagai panutan bagi masyarakat.

Dalam suatu kesempatan, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, salah satu tugas pokok TNI adalah membantu Pemda dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Hal tersebut di antaranya terwujud melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Di mana program ini wujud nyata kemanunggalan TNI dan rakyat yang sebenarnya,” kata Dandim, beberapa waktu lalu.

Terkait data awal wilayah yang hendak menjadi sasaran TMMD maka dibutuhkan peran Babinsa. Di mana data awal yang dihimpun Babinsa tersebut bisa menjadi bahan pendukung dan pertimbangan pada pembahasan awal. Babinsa juga akan melakukan pendekatan kepada warga yang wilayahnya ditetapkan sebagai sasaran program tersebut.

Mereka bahu membahu menyukseskan TMMD. Mulai dari sasaran fisik seperti membuka jalan atau memperbaiki jalan yang sudah ada, membuat drainase, hingga penanaman pohon, dan lainnya.

Seperti yang dilakukan Sertu Iwan Ruswanda yang tercatat sebagai Babinsa Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. 

Iwan yang sejatinya bertugas di Koramil 1905/Jatiluhur ini melaksanakan giat binkomsos di lokasi TMMD ke-106, yakni di Kp. Cisaat Loa RT 12/RW 04 Desa Cisaat, Kecamatan Campaka.

“Alhamdulillah sambutan warga sangat luar biasa. Mereka bahkan ikut terlibat langsung di setiap proses pengerjaan TMMD,” kata Iwan saat berbincang dengan warga sekitar di sebuah warung kopi yang masih satu lokasi dengan sasaran TMMD, Kamis (26/10/19).

Sambil berbincang, Iwan juga mengingatkan pentingnya merawat dan memelihara jalan apabila sudah rampung. “Apabila dipelihara dengan baik maka masa pakainya lebih lama,” tandasnya. (sg/pen)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda