sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Praktek Bahasa di Lapangan yang Dilaksanakan ADF Resmi Ditutup

Kol Caj Drs. Hasanuddin Salsab, M.Ed., (kiri).
Jakarta, Laras Post - Kabid Opsdiklat Pusdiklat Bahasa, Kolonel Caj Drs. Hasanuddin Salsab, M.Ed. mewakili Kapusdiklat Bahasa, menutup Praktek Bahasa di Lapangan (PBL) yang dilaksanakan oleh siswa bahasa Indonesia School Of Languages Australian Defence Forces (ADF), di Common Room Pusdiklat Bahasa Badiklat Kementerian Pertahanan (Kemhan) Pondok Labu, Jumat, (25/10/2019).

Sebelum menutup praktik bahasa dilapangan Kolonel Caj Drs. Hasanuddin Salsab mengatakan, para Personel ADF kurang lebih selama 10 hari sudah berada di Indonesia, khususnya di Jakarta. “Selama berada di Jakarta para peserta PBL secara langsung telah mengamati, berinteraksi dan mempelajari kebiasaan-kebiasaan berbagai lapisan masyarakat di sekitaran Jakarta, serta sekaligus mempraktekkan bahasa Indonesia yang telah dipelajari sebelumnya sebagai alat komunikasi dengan berbagai kelompok masyarakat Jakarta,” ungkapnya

Adapun masyarakat yang menjadi objek sasaran praktek berbahasa tersebut, lanjut Kolonel Caj Drs. Hasanuddin Salsab, memiliki tingkat pendidikan, usia, dan latar belakang yang berbeda-beda, begitu pula dengan bahasa yang digunakan tidak sama, ada yang menggunakan bahasa formal dan banyak pula yang menggunakan bahasa informal.

Ia menjelaskan, selama di Jakarta para peserta PBL juga telah berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat, seperti pelajar Sekolah Menengah Kejuruan, supir Angkuta Kota (Angkot), penjual di pasar tradisional dan pasar modern, pedagang kaki lima, customer sercive bank, anak-anak di panti asuhan, dan petugas di tempat wisata.

Dihaharapkan melalui kegiatan PBL ini pengetahuan peserta mengenai bahasa dan budaya Indinesia akan semakin bertambah luas, dan dapat bermanfaat sebagai pengetahuan bagi peserta PBL.

Pada acara tersebut, Kol Caj Drs. Hasanuddin Salsab, M.Ed., didampingi oleh Sgt. Iain McGrath, sebagai Contingent Commander dari ADF juga menyerahkan sertifikat pendidikan kepada 13 orang peserta sebagai apresiasi terhadap keikutsertaan mereka pada PBL ini. (her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda