sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

» » Sumur Binong, Cagar Budaya Wisata Fenomenal

Situs Sumur Binong, di Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Bekasi, Laras Post -  Sumur Binong ditetapkan melalui SK Walikota Bekasi sebagai cagar budaya yang ada di Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sumur Binong adalah sumur tua di Kampung Kranggan Wetan yang merupakan salah satu tempat keramat. Dan pada waktu tertentu, lokasi ini begitu ramai pengunjung.

Posisi Sumur Binong berada di antara dua pepohonan yang memiliki nama  Binong besar.  Masing-masing memliki diameter berkisar 1 meter lebih. Sumur keramat yang dikelilingi pohon bambu tersebut sangat dijaga keasliannya. 


Sebagian masyarakat mempercayai Sumur Binong identik dengan mitos. Terkait hal itu,  Lurah Jatirangga, Ahmad Afandi menyatakan, mitos yang berkembang di masyarakat sekitar  Sumur Binong diyakini memiliki peruntungan yang bisa dibilang cukup kuat. Banyak pengunjung yang jauh-jauh datang ke tempat keramat tersebut untuk mengalap berkah atau menginginkan doanya terkabul.

“Apabila Anda membasuhkan wajah menggunakan air dari Sumur Binong, maka wajah Anda akan lebih awet muda dan tampak lebih menarik. Selain itu, air dari sana juga diyakini dapat memberikan kesembuhan bagi orang-orang yang telah menderita kesakitan selama bertahun-tahun. Sebelum mengambil air dari sumur, mereka akan berdoa terlebih dahulu,” ujarnya keetika ditemui Laras Post, Kamis (10/10/2019)..

Lanjut Afandi, Sumur Binong memang sudah sejak lama ada. Bahkan ada yang menyebutnya bagian dari sejarah Indonesia yang patut dijaga.


“Dahulu masyarakat setempat menggunakan air dari sumur untuk mandi sehari-hari. Namun kini hal tersebut dijadikan sebuah ritual yang biasanya diadakan pada malam Jumat. Meski bukan termasuk tempat angker,  Sumur Binong tetap ramai oleh orang-orang yang percaya mitos turun-temurun dari mulut ke mulut,” ucapnya.

Senada,  Sekcam Jatirangga, Nimar, mengungkapkan,  berdasarkan cerita yang berkembang,  Sumur Binong merupakan salah satu petilasan Prabu Siliwangi. Dan itu, sambungnya, menurut leluhur dan orang yang dituakan di sini. “Sumur Binong sendiri memiliki historis ritual tertentu, jika menginginkan maksud dan tujuan, pasien yang datang berkunjung mandi dan dengan maksud-maksud tertentu,” katanya.


“Saya berharap kedepan cagar budaya Sumur Binong dapat dikelola secara baik oleh Pemerintah Kota Bekasi. Dijadikan wilayah pertama lingkungan daerah yang memiliki resapan air hingga saat ini masih terus mengalir,” tutupnya.  (Egi/Fer)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda