sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

» » TMMD 106 Purwakarta, Rehab Lima Rutilahu Segera Rampung


Purwakarta, Laras Post - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Tahun Anggaran 2019 Kodim 0619/Purwakarta, selain membangun infrastruktur jalan juga melaksanakan kegiatan rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Komandan Kodim 0619/Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho menjelaskan, program rehab rumah warga kurang mampu di wilayahnya merupakan sasaran fisik program TMMD 106 di wilayahnya selain sasaran fisik lainnya yang saat ini sedang dikebut pengerjaannya. 

“Beberapa sasaran fisik pada program TMMD kali ini sedang dikerjakan, dan personel kami di lapangan terus melaksanakan sasaran-saran fisik tersebut untuk segera dapat dimanfaatkan oleh warga. Tiap-tiap Koramil memiliki program masing-masing yang telah dibuat berdasarkan skala prioritas," tuturnya. 

Lebih lanjut dikatakan, selain sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur sarana umum dan rehab rumah, pihaknya juga melaksanakan kegiatan sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada warga dan siswa sekolah 

Terpisah, Danramil 1904/Campaka Kodim 0619/Purwakarta Kapten Arm Gatot Widodo mengatakan, pada program TMMD ke106 ini para satgas TMMD melaksanakan rehab Rutilahu sebanyak 5 unit rumah, 3 unit rumah di Desa Cisaat dan 2 unit rumah di Desa Ciparungsari.

“Dari 5 rumah tersebut, 4 unit rumah sudah kita kerjakan. Satu rumah rencananya akan dikerjakan, karena matrial semua lengkap tinggal kita dorong dan langsung kita kerjakan hari ini,” ujar Danramil 1904/Campaka Kodim 0619/Purwakarta, Rabu (9/10/19).

Lanjut Gatot, untuk Rutilahu yang sudah dikerjakan rata-rata sudah mencapai 90 persen, yang 10 persennya tinggal pemasangan kloset, pembuatan jamban, pintu-pintu dan finising pengecatan. 

“Untuk target yang 10 persennya insya Allah 3 samapai 5 hari kedepn dapat selesai hingga 100 persen,” kata Gatot.

Dijelaskannya, bagi para warga penerima rehab rutilahu, dapat berpola hidup sehat dan dirawat dengan baik. Karena sudah kami lengkapi semua sarana rumah yang dianggap tidak layak. Seperti yang utama dalam hidup sehat yaitu jambanisasi kini sedang dibuatkan.

“Sebelumnya yang semula selama ini warga hidup tidak sehat, buang kotoran di kebun atau di sawah, sekarang kita sudah buatkan jamban sehingga warga  bisa membuang hajat di jamban yang sudah kita buatkan,” terangnya.

Sementara itu, Mak Acih (58) salah satu penerima manfaat rutilahu di kp Cisaat Desa Cisaat Kecamatan Campaka mengatakan, dengan adanya program TMMD ke-106 di Desa Cisaat banyak perhatiannya dari TNI.

“Alhamdulillah rumah Mak sekarang sudah di rehab dengan baik dan layak, juga dibuatkan jamban untuk buang air besar. Jadi sekarang rumah Mak kaalu hujan tidak bocor, tidak takut roboh, dan tidak akan lagi buang air besar ke kebun dan ke sawah lagi,” pungkasnya.(sg/penad)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda