sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Bupati Minta Kapolres Usut Penyelewengan Dana Desa

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi
OKU Timur, Laras Post - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur HM Kholid Mawardi, mempersilahkan Polres OKU Timur untuk memproses secara hukum Desa yang tidak menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

"Pak Kapolres tolong sidik BumDes Desa tidak jalan," kata bupati saat sosialisasi pelaksanaan pengawasan dan penanganan Dana Desa Kabupaten OKU Timur, Jumat (22/11/2019) di OKU Timur.

Ia menegaskan, setiap desa harus berinovasi sehingga desa bisa maju, karena ini bisa mendongrak pembanggunan ekonomi masyarakat Desa.

Lebih lanjut bupati mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melaksanakan sejumlah program, salah satunya yakni pembanggunan jalan tanpa berlobang. “Program ini dilakukan secara bertahap dan sudah masuk pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” terangnya.

Menurut bupati, kondisi jalan bagus tidak secara otomatis meningkatkan perekonomian masyarakat, tapi harus ada instansi yang membidangi pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Namun demikian untuk pemberdayaan masyarakat harus disesuaikan dengan keadaan dan potensi desa masing-masing,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Kholid Mawardi mengungkapkan, potensi yang dimiliki daerahnya salah satunya perikanan. Namun potensi ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Saat ini kita  baru mampu memproduksi 100 ton ikan patin sebulan, jika harganya ingin bagus tentunya harus kualitas ekspor. Ini merupakan peluang usaha yang besar, tapi belum digali secara maksimal," tandasnya.

Sementara itu, Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya melalui Kasat Binmas AKP Fauzi Saleh mengatakan, kecenderungan penyalah-gunaan Dana Desa di antaranya pemotongan anggaran, pembanggunan yang tidak sesuai aturan. 

“Kesalahan bukan hanya dilakukan oleh Kades, tapi ada juga penyalah-gunaan yang diketahui dan dilakukan oleh Kades,” tandasnya.

Erlin menyebutkan, laporan Babinkamtibmas akan menjadi acuan pihaknya dalam melakukan pemeriksaan. “Jika terjadi pidana akan kita proses,” ujarnya.

Namun, ia berharap, tidak ada Kades yang terjerat pidana dalam penggunaan Dana Desa. “Jangan sampai ada Kades yang terjerat pidana,”  tegasnya.

Lebih lanjut Erlin mengatakan, untuk mengantisipasi penyalah-gunaan Dana Desa seluruh pihak terkait perlu bersinergi untuk melakukan pencegahan. “Perlunya sinergis untuk pencegahan korupsi Dana Desa," ucapnya. (Aliwardana).

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda