sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Diskusi Sinergitas Pemasyarakatan Minat Baca Masyarakat Kota Depok

Diskusi bertajuk ‘Sinergitas Pemasyarakatan Minat Baca Masyarakat Kota Depok’ yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok,

Depok, Laras Post
- Sebuah acara diskusi bertajuk ‘Sinergitas Pemasyarakatan Minat Baca Masyarakat Kota Depok’ digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Jawa Barat, di Hotel Wiyata, Jalan Margonda, Depok, Rabu (20/11/2019).

Menurut Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Catur Sri Astuti, acara ini merupakan kerjasama antara Disarpus Kota Depok dengan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kota Depok.

“Diskusi ini menampilkan dua nara sumber, yaitu Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Depok Baron Nurwendo dan Dosen UI Fakultas Ilmu Budaya Ilmu Perpustakaan, Margaretha,“ ujar ibu dua putra ini di sela acara diskusi.

Dalam pemaparan materinya, Baron menyatakan bahwa selama dua tahun Kota Depok sudah membentuk  Forum Taman Baca masyarakat (FTBM) di kota Depok, yang anggotanya terdiri dari 11 kecamatan di Kota Depok.

“FTBM Kota Depok dibentuk atas dasar kepedulian terhadap masyarakat kota depok dalam meningkatkan minat baca masyarakat kota Depok,” ungkapnya.

Baron menambahkan, faktor terbentuknya GPMB adalah untuk pemenuhan akses, pembukaan ruang publik baca, mencari relawan yang menyalurkan minat baca, kolaborasi dengan pemerintah dan swasta. 

“Dan gerakan ini tidak hanya dibentuk di lingkup kota saja, melainkan harus mengakar sampai ke tingkat kelurahan,” tandasnya.

Sementara, Dosen UI Fakultas Ilmu Budaya Ilmu Perpustakaan, Margaretha, manyampaikan tema berjudul ‘Membangun Pendidikan dalam Pengabdian Masyarakat’. Dia menuturkan, setelah terbentuknya GPMB, maka diperlukan adanya ruang dan waktu diskusi antarpemerintah dan masyarakat khususnya relawan dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Selain itu, kata Margaretha, Kota Depok sangat diperlukan membangun sebuah teknologi e-learning agar masyarkat Kota Depok dapat terus belajar di mana saja dan kapan saja. (haris)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda