sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » » FTBM Wujudkan Kota Depok Cerdas Literasi


Depok, Laras Post - Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Depok melalui 84 rumah baca yang tesebar di 11 kecamatan di Kota Depok, terus berupaya melakukan sosialisasi dan pengenalan diri dalam rangka gerakan literasi. 

Hal ini disampaikan Ketua FTBM Depok, Ciptaji Syamsul Balad, saat ditemui di acara bedah buku nasional Rahasia Penulis karya Gol A Gong, di aula gedung perpustakaan Pemkot Depok, Sabtu (23/11/2019).

Pria yang sering disapa Aji Balad ini mengaku, jarak merupakan salah satu kendala bagi gerakan literasi. “Kami mendorong teman-teman agar terus memperkanalkan diri kepada masyarakat, agar gerakan yang positif ini dapat terus didukung oleh lingkungan setempat,” ujar pria berkaca mata minus ini.

Tentang rendahnya minat baca masyarakat Depok, Aji menjelaskan, FTBM melalui pejuang atau relawan literasi dengan rumah bacanya terus berupaya dengan sistem jemput bola agar dapat meningkatkan minat baca.

“Upaya meningkatkan minat baca, mereka buat rumah baca di rumahnya, di taman-taman, keliling sekolah-sekolah. Selain itu, menambah koleksi buku-buku, agar menarik minat baca anak-anak,” ujarnya.

Ditanya tentang program, Aji mengatakan, FTBM mempunyai program Orang Depok Menulis (ODM), yang bertujuan mengembangkan kemampuan menulis, mengemukakan gagasan dan ide serta menerbitkan buku.

“Ada 11 klub menulis disetiap kecamatan, dan tentunya setiap klub ada mentornya. Harapannya, akan muncul penulis handal dari Kota Depok,” tandasnya.

Terakhir, Aji berharap agar bisa terwujud kota cerdas literasi, diperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dengan seluruh elemen di Kota Depok dalam melakukan gerakan literasi. (haris)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda