sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Gencarnya Literasi Seorang Gol A Gong

Heri Hendrayana Harris yang dikenal sebagai Gol A Gong
Depok, Laras Post- Dunia literasi sudah mendarah daging bagi Gol A Gong. Sejak kecil dirinya sudah akrab dengan dunia bacaan dan menulis. Kebiasaan itu berlangsung hingga saat ini.

Hal itu terungkap saat acara Bedah Buku Nasional Rahasia Penulis karya Gol A Gong, yang digelar  oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, di aula gedung perpustakaan, Pemkot Depok, Sabtu (23/11/2019).

Sastrawan penyandang disabilitas, yang bernama Heri Hendrayana Harris itu menceritakan perjuangan dirinya menjadi penulis melalui tiga tahapan, yakni literasi keluarga, literasi masyarakat dan suksesnya menjadi penulis.

Gol A Gong menuturkan, sejak usia 11 tahun, dia harus kehilangan tangan kirinya untuk diamputasi. Namun kedua orang tuanya selalu memberikan semangat dan dorongan agar Gol A Gong menjadi orang yang sukses kelak.

“Kedua orang tua saya berprofesi sebagai guru, dan mereka selalu menekankan agar saya harus rajin membaca, agar tidak minder bergaul. Dari kecil lima media cetak selalu saya baca, setiap pulang sekolah,” ujar suami dari Tias Tatanka ini.

Untuk literasi masyarakat, lanjutnya, dia mulai membuka perpustakaan keluarga untuk masyarakat sekitar di daerah Serang, Banten, pada tahun 1998. Dan ini menjadi cikal bakal berdirinya Rumah Dunia.

“Tujuan Rumah Dunia adalah sebagai wadah kegiatan literasi dan turut membentuk generasi baru yang kritis, berani dan jujur,” tandasnya.

Mengenai nama Gol A Gong, dia menjelaskan, pemberian nama itu dari ibunya, yang mengandung arti Gol (masuk), Gong (menggema), dan A (Allah). Filosofinya, agar karya-karyanya menggema di hati pembaca, dan kesuksesan adalah milik Allah.

Gol A Gong, telah membuktikan pada kita, bahwa dengan semangat yang gigih dan restu orang tua, meski dengan keterbatasan, namun tidak menghalanginya untuk selalu berkarya. (haris)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda