sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Kasal Tinjau Latihan Pemantapan Fungsi Pomal di PMPP Sentul

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., ketika meninjau Latihan Pemantapan Fungsi Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) bertempat di  Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Sentul, Jawa Barat, Minggu (3/11).
Jakarta, Laras Post - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., meninjau Latihan Pemantapan Fungsi Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) bertempat di  Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Sentul, Jawa Barat, Minggu (3/11). Kedatangan Kasal tersebut disambut oleh Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Pertama TNI DR. Drs. H. Nazali Lempo, S.H., M.H.

Materi Latihan Pemantapan Fungsi Pomal ini di antaranya Latihan Pengamanan Objek Vital, Penghadangan, Olah TKP Kecelakaan Lalu Lintas, Olah TKP Pembunuhan, Yudha Kelana dan Pengurusan Tahanan Perang (Rustaper).

Pada kesempatan tersebut juga disimulasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai Pengurusan Tahanan Perang (Rustaper) dengan skenario satuan Infanteri yang berada di garis depan mendapatkan tawanan perang dan meminta Polisi Militer untuk mengambilnya.


Selanjutnya Danton Pom memerintahkan satu Regu untuk berangkat mengambil tawanan tersebut sesuai dengan koordinat yang telah ditentukan, kemudian dibawa menuju ke Posko Ton Pom untuk menjalani prosesing yang meliputi penerimaan, interogasi, foto, sidik jari, pencatatan hingga ditempatkan di dalam bilik penggolongan sesuai klasifikasi tawanan perang, dengan berpedoman pada Hukum Humaniter.

Kasal dalam sambutannya pada kesempatan itu antara lain menyampaikan bahwa Polisi Militer Angkatan Laut mempunyai salah satu fungsi yang sangat penting yaitu kedisiplinan, karena itu merupakan nilai-nilai yang tertera di dalam Trisila TNI Angkatan Laut. Tanpa adanya kedisiplinan tidak akan memiliki suatu pengakuan atau harapan baik dari negara, masyarakat maupun dari organisasi Angkatan Laut.

“Oleh sebab itu Polisi Militer Angkatan Laut sebagai tulang punggung Angkatan Laut dalam menegakkan kedisiplinan untuk membantu pimpinan, hal ini merupakan suatu tolok ukur yang sangat penting sekali. 
Latihan ini salah satunya, selain meningkatkan keterampilan, profesionalisme,  juga melatih kedisiplinan”, ujar Kasal.


Pada kegiatan ini turut dihadiri oleh Kadispamal Laksma TNI Wisnu Sumarto, S.T., M.Si., Kadispenal Laksma TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc. Sc., Kadisbekal Laksma TNI Agus Karminto, S.E., Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., L.LM., Ph.D., Komandan Denma Mabesal Kolonel Marinir Umar Farouq, S.A.P., serta para Prajurit Polisi Militer Angkatan Laut.

Demikian Siaran pers yang dilansir oleh Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut. (her/as)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda