sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Laksa Cibinong, Makanan Khas yang Terlupakan

Laksa Cibinong.

Bogor, Laras Post - Laksa, makanan khas Bogor, sudah hampir dilupakan orang,  apalagi generasi muda sekarang. 

Keberadaannya sekarang terpinggirkan oleh makanan modern yang banyak bermunculan di Indonesia.

Makanan yang melegenda dari generasi ke generasi ini, saat ini jarang diminati masyarakat milenial. Makanan yang berkuah santan, dengan bihun, telur dan bawang goreng serta taburan daun kemangi ini jika tidak dijaga keberadaannya, akan semakin tenggelam ditelan zaman.

Seperti halnya, Laksa Cibinong, saat Laras Post datang berkunjung ke Rumah Makan Laksa Cibinong Sederhana, yang terletak di Jalan Raya Jakarta Bogor, Pabuaran, Cibinong, tepatnya di samping fly over Cibinong, tampak sepi pengunjung.

Menurut pemiliknya, Setiadi Muhsin, setiap hari memang pembeli laksa di Cibinong sudah jarang sekali, berbeda dengan lima tahun yang lalu, dan kebanyakan pembelinya adalah orang-orang tua yang sudah mengenal makanan khas ini.

Lebih lanjut, dia bercerita, makanan tradisional laksa ini merupakan perpaduan unsur Melayu dan Tionghoa. “Namanya laksa, artinya banyak. Mungkin maksudnya, bahwa makanan ini diolah dengan banyak bumbu, dan masak bumbunyapun disangrai,” ujar pria lajang ini, di Rumah Makan Laksa Cibinong, Kamis (07/11/2019).

Setiadi menambahkan bahwa dirinya meneruskan usaha rumah makan ini warisan dari kakeknya, baik itu resep dan penataannya tidak ada yang berubah. 

“Rumah Makan Laksa Cibinong ini sudah ada sejak tahun 1950 lalu, dan masih kami pertahankan cita rasa masakannya,” ungkapnya.

Setiadi berharap kepada pemerintah daerah untuk peduli terhadap keberadaan makanan budaya bangsa ini. Hal itu perlu agar Laksa Cibinong tidak hanya tinggal nama saja di masa mendatang. (haris)













«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda