sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » TMMD Asa Baru Wilayah Terpencil Purwakarta


Purwakarta, Laras Post -Asa baru warga yang bermukim di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, mulai bermunculan. Kondisi tersebut terjadi, sesaat setelah Kodim 0619/Pwk melalui program TMMD membangun akses penghubung antara kecamatan di wilayah mereka.

Saat ini, geliat perekonomian warga mulai nampak setelah dibangun jalan desa yang pelaksanaannya dikerjakan melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). 

Warga sangat bersyukur, apalagi jalan penghubung tersebut menjadi impian mereka selama ini.

Dayat (56), warga setempat, tak henti-hentinya bersyukur karena kerisauannya bersama warga di desa itu akhirnya sirna. Bagaimana tidak, impiannya memiliki infrastruktur layak akhirnya terlaksana.

Pria paruh baya ini mengaku, desanya ini merupakan salah satu wilayah perbatasan.

Terbatasnya infrastruktur saat itu membuat roda perekonomian warga sedikit terhambat. Tak heran, atas kondisi tersebut membuat di antara warganya lebih memilih bekerja keluar negeri.

“Dulu, perekonomian warga tidak menggeliat. Mungkin karena keterbatasan infrastruktur ya. Saat ini, setelah dibangun jalan, harapan-harapan baru bermunculan,” ujar Dayat sumringah.

Dayat menjelaskan, sebelum ada jalan ini, warga harus menempuh jalan memutar jika menuju desa tetangga atau ke jalur utama. “Jalan ini merupakan akses alternatif bagi warga Cisaat karena jalur ini lebih dekat ke mana-mana,” jelasnya.

Menurut dia, warga sangat gembira saat pemerintahan desa mengumumkan jika jalan alternatif Cisaat-Ciparungsari ini akan segera diperbaiki. Kendati, jalan desa di Cisaat yang rusak ini kurang dari satu kilometer lagi.

“Jalannya sekarang sudah mulus. Saat ini, hanya butuh 20 menit jika warga Desa Cisaat ingin ke wilayah Cipendeuy, Kabupaten Subang. Berbeda, ketika warga Cisaat harus mengakses jalan Desa Cijunti atau Desa Cimahi, lalu ke jalan raya utama, waktu yang ditempuhnya bisa 1,5 jam,” tutupnya.(sg/penad)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda