sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » TMMD Kodim 0619 Bentangkan Harapan Warga Cisaat Purwakarta


Purwakarta, Laras Post - Seorang lelaki setengah baya berperawakan kekar tampak bersusah payah memikul karung berisi ubi jalar menyusuri jalan setapak dari rumahnya menuju jalan utama yang baru saja usai dibangun. Kakinya dengan tangguh berjalan di atas tanah merah yang cukup licin. 

Sesampainya di jalan utama, lelaki yang bernama Jejen (55) itu menaruh pikulannya sembari bernapas lega. Beban yang ada dipundaknya mendadak sirna setelah melihat Jalan Desa Cisaat, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, membentang sangat mulus.

Pemandangan seperti itu jauh berbeda dibanding beberapa bulan lalu yang kondisinya cukup buruk. Terlebih disaat hujan turun, jalan utama itu bak kubangan lumpur sehingga sulit dilalui kendaraan, baik roda dua maupun empat. Perjalanan membawa ubi pastinya lebih cepat. Rencananya memang akan ada yang jemput pakai sepeda motor.

"Saya disuruh mengantarkan ubi ini ke seseorang di Cipeundeuy Subang," ungkap Jejen sembari menyeka keringat yang membasahi wajahnya, Minggu (3/11).

Sembari duduk, dia pun mulai bercerita, jalan berkontruksi cor itu baru saja selesai dibangun dan sudah bisa digunakan. 

Tentu saja dirinya merasa bersyukur kondisi infrastruktur di Desa Cisaat semakin membaik. Apalagi pembangunan jalan itu melibatkan anggota TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kemanfaatannya tidak sebatas dirasakan secara fisik, melainkan juga nonfisik. Sebab selama pengerjaan, anggota TNI membaur dengan masyarakat seakan tidak sekat. Berbagai penyuluhan dilakukan anggota TNI yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan dan tema-tema lain sehingga membuka wawasan masyarakat perdesaan.

Mungkin ini yang membedakan antara program TMMD dengan pembangunan yang bersifat proyek. Ada ilmu yang didapat selama proses pembangunan berlangsung. Saya bangga dengan TNI.

Ungkapan Jejen seperti itu mewakili perasaan warga lainnya yang merasakan manfaat besar dari program TMMD ke-106 yang dilaksanakan Kodim 0619 Purwakarta bersama masyarakat yang dilaksanakan di Desa Cisaat, Kecamatan Cibatu di tahun ini.

Jejen juga berharap, program-program pembangunan melalui pola sebagaimana TMMD ini terus berlanjut. Karena programnya tepat sasaran dan langsung menyentuh kebutuhan dasar masyarakat akan sarana prasarana infrastruktur. "Mudah-mudahan tahun depan ada TMMD lagi," pungkasnya.(sg/penad)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda