Breaking News

,

Pemerintah Targetkan Pembuatan 10 Ribu Lubang Biofori

Bogor, Laras Post - Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup Kecamatan Tajur halang Kabupaten Bogor melakukan pembuatan lubang biofori di area  lingkungan Kecamatan. 
 Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (7/5/2015) turut menghadiri Perwakilan BPMPD Kabupaten Bogor, Sekretaris  BLH Kabupaten Bogor, Dinas Tata  Bangunan dan Pemukiman Kabupaten Bogor, Satgas Lingkungan Hidup , Kepala Desa Tajurhalang Asan Umar, Wakapolsek Bojong Gede AKP  Mansur, tokoh  masyarakat dan tamu undangan lainnya.
Camat Tajurhalang Dra Hj Nurhayati, Msi mengatakan, pembuatan lubang biofori merupakan bentuk pelestarian terhadap lingkungan, terutama mengatasi krisis air bawah tanah yang semakin menipis, apalagi pada musim kemarau sering terjadi kekeringan. 
Di lingkungan Kecamatan sendiri, kata Nurhayati, sudah memiliki 300 lubang biofori tersebar di beberapa titik dan pembuatan lubang biofori akan dilanjutkan pada tujuh desa  yang ada di Kecamatan Tajurhalang.
Ia menjelaskan, di Kecamatan TajurHalang sudah ada 4 Kampung Ramah Lingkungan [KRL] ,yaitu Desa Tonjong, Desa Tajurhalang, Desa Nanggerang dan Desa Kali suren. 
“Lubang biofori juga sudah di laksanakn di Desa Tonjong sebanyak 200 lubang dan di Desa Tajurhalang tepatnya di komplek perumahan Pura ada 80 lubang biofori targetnya Kecamatan Tajurhalang mempunyai 10.000  lubang biofori  yang tersebar di tujuh desa,” papar Nurhayati.
Nurhayati menegaskan, akan melakukan inventarilisir semua fasilitas sosial dan umum yang ada di Kecamatan Tajurhalang, untuk itu saya membutuhkan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat,”  tandasnya.
Sementara itu, Kepala Desa Tajurhalang Asan Umar menyebutkan, telah melaksanakan pembuatan lubang biofori di sekitar kantor desa sebanyak 100 lubang dan akan dilanjutkan  per RW 100 lubang biofori, di mana Desa Tajurhalang memiliki 24 RW/87 RT. 
“Saya beserta masyarakat desa sangat mendukung program pembuatan lubang biofori yang sangat besar manfaatnya untuk melestarikan sumber mata air sehingga bisa di nikmati oleh anak cucu kita,” pungkas Asan.(zul/David)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai