Breaking News

,

Inklusi Keuangan untuk Masyarakat Kepulauan,

BRI Luncurkan Teras BRI Kapal



Jakarta, Laras Post – Untuk menjangkau masyarakat pesisir kepulauan yang selama ini belum dapat menikmati layanan perbankan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan “Teras BRI kapal” yaitu unit kerja operasional lengkap di atas kapal pada hari Selasa, 4 Agustus 2015 di pelabuhan Kaliadem, Muara Karang, Jakarta Utara. 

Inovasi terbaru dalam layanan perbankan ini diresmikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, dan dihadiri pula oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, serta Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Turut hadir dalam peresmian Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad. Sementara dari internal Bank BRI, hadir Direktur Utama BRI Asmawi Syam beserta jajaran direksi lainnya serta Komisaris Utama Mustafa Abu Bakar beserta jajaran komisaris lain. Peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya Bank BRI untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami masyarakat daerah terpencil, khususnya di wilayah pesisir kepulauan, yang mengakibatkan mereka tidak terjangkau pelayanan perbankan atau bahkan belum mengenal produk perbankan.  

Untuk tahap awal, wilayah Kepulauan Seribu telah dipilih sebagai lokasi beroperasinya Teras BRI kapal.  Kapal yang diberi nama Bahtera Seva I ini, akan berkeliling mendatangi 5 titik singgah melayani 6 pulau di Kepulauan Seribu   dengan jadwal mulai dari hari Senin hingga Jumat, dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.  Adapun 6 pulau tersebut adalah Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan dan Pulau Panggang.  

Layanan perbankan yang diberikan sama dengan yang dapat dijumpai di kantor BRI pada umumnya antara lain produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran. Juga tersedia tambahan kas bagi Agen BRILink, yang merupakan kepanjangan tangan layanan Bank BRI yang dilakukan oleh nasabah BRI.  Yang teristimewa, Teras BRI Kapal juga menghadirkan 1 unit Automated Teller Machine (ATM) di atas kapal yang akan berfungsi selama 24 jam secara Online.

Dalam menjalankan pelayanannya, Teras BRI Kapal didukung teknologi informasi yang canggih dan sumber daya manusia yang handal. Kapal dilengkapi petugas teller dan customer service serta petugas kredit mikro. Untuk menjaga keamanan kapal juga akan dilengkapi dengan fungsi keamanan yang bekerja sama dengan aparat terkait. Sementara itu, untuk pengelolaan teknis dan perawatan kapal yang berbobot 118,5 ton ini, BRI bekerja sama dengan manajemen perkapalan profesional untuk menjamin kelancaran operasionalnya.  

Dengan kehadiran Teras BRI kapal diharapkan masyarakat akan jauh lebih mudah, aman dan cepat dalam memperoleh layanan keuangan dan perbankan yang dibutuhkan sehingga dapat mempercepat proses peningkatan kesejahteraan dan perekonomian di wilayah pesisir dan kepulauan seluruh pelosok Nusantara. Selain kepulauan Seribu, Bank BRI tengah menjajaki kemungkinan peluncuran Teras BRI Kapal di gugusan pulau di wilayah Ternate, Bau-bau, Tanjung Selor, serta wilayah kepulauan lainnya di Indonesia.Menurut Budi Satria, Corporate Secretary Bank BRI, sebagai microbanking yang telah mengakar di tengah masyarakat Indonesia, BRI senantiasa mengembangkan dan membangun layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. “Kami berharap dengan hadirnya Teras BRI Kapal, masyarakat yang mendiami wilayah pesisir dan kepulauan yang jauh dari pusat kota dapat turut menikmati layanan jasa keuangan perbankan untuk menunjang aktivitas ekonomi sehari-hari,” ucap Budi.

Hingga akhir Juni 2015, BRI telah telah memiliki Unit Kerja Operasional sebanyak 10.479 kantor yang terhubung secara real time online, 21.215 Automatic Teller Machine (ATM) BRI, 153.786 Electronic Data Capture (EDC) BRI, 426 Cash Deposit Machine (CDM), dan 55 E-Buzz BRI.

Laku Pandai dan Aktivitas CSR Bank BRI
Dalam kesempatan yang sama, Bank BRI juga melakukan re-launching proram Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) di hadapan Presiden RI, jajaran Menteri Kabinet Kerja, OJK dan BI. Sebelumnya, launching Laku Pandai BRI bersama OJK telah dilakukan di Jayapura, Papua dan Padang Panjang, Sumatera Barat. Layanan Laku Pandai yang di BRI disebut dengan Agen BRILink ini merupakan kepanjangan tangan layanan Bank BRI yang dilakukan bukan lagi oleh petugas BRI, namun dilakukan oleh nasabah BRI di berbagai wilayah yang jauh dari layanan konvensional unt kerja BRI. 

Hingga akhir Juni 2015 lalu, BRI telah memiliki lebih dari 32.000 Agen BRILink di seluruh Indonesia. Dengan demikian, jangkauan layanan Bank BRI semakin bisa dinikmati secara efektif dan efisien oleh masyarakat di daerah pedalaman, karena para pengguna jasa bank tersebut bisa berhemat dari segi waktu dan biaya.  

Kegiatan lain yang dilakukan pada kesempatan Launching Teras BRI Kapal adalah aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di Kaliadem dan keenam pulau yang menjadi obyek layanan Teras BRI Kapal. Kegiatan CSR yang dilakukan berupa pengobatan umum dan gigi gratis untuk lebih kurang 3.500 warga masyarakat di lingkungan sekitar Pelabuhan Kaliadem, perbaikan sarana umum dan penataan lingkungan di masyarakat sekitar pelabuhan, pemberian sarana dan prasaranan penunjang bagi Pelabuhan Kaliadem, pemberian sembako kepada warga yang membutuhkan, pemberian air bersih, pemberian 10 unit motor Perpustakaan Keliling berikut buku-bukunya, serta pemberian sarana prasarana masjid di keenam pulau, baik yang berupa sound system, karpet masjid dan penunjuk waktu sholat digital. (Maslim)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai