Breaking News

,

Polri Pertimbangkan Latihan Dengan Inggris

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti
Jakarta, Laras Post – Polri mempertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan Brimob melalui latihan bersama polisi atau militer Inggris. Peningkatan kemampuan Brimob dinilai mendesak guna menghadapi jaringan teroris yang berada di hutan.

Kapolri menyebutkan, latihan bersama untuk meningkatkan kemampuan Brimob saat memburu teroris di hutan seperti di Poso, akan dilakukan di tanah air. "Dari Inggris, datang ke sini," ujarnya kepada wartawan, pada Jumat (21/8/ 2015) di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Badrodin menyatakan, bentuk pelatihan yang akan diberikan disesuaikan dengan permintaan dan kemampuan Brimob. "Tergantung kemampuan kita yang kita minta," jelasnya.

Alternatif melakukan latihan dengan pihak asing itu, muncul setelah permintaan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti agar Brimob dapat melakukan latihan gabungan bersama TNI, mendapat tanggapan yang kurang memadai. 

Sebelumnya Kapolri telah mengajukan permintaan kepada TNI untuk melakukan latihan gabungan Brimob dan TNI untuk meningkatkan kemampuan Brimob.  "Sudah disampaikan, kita butuh kemampuan untuk melakukan penjajakan dan operasi di hutan karena beda sistem suplai dan operasinya itu harus kita pelajari," ungkapnya.

Disebutkan, banyak jaringan teroris di Indonesia, berada di wilayah hutan. Sementara anggota kepolisian baik Brimob maupun Detasemen Khusus 88 antiteror, tak cukup memiliki kemampuan untuk memburu teroris di hutan. Sebab itu, wacana pelatihan kemampuan survival di hutan hendak diadopsi dari Kopassus. "Anggota Brimob kan tidak bisa bertahan di hutan. Karena itu perlu pelatihan tertentu," ujar Badrodin.

Kapolri menjelaskan, Panglima TNI telah memberikan jawaban, yakni latihan bersama dilakukan di Rindam. Namun latihan di Rindam, dinilai sama dengan latihan yang selama ini dijalankan oleh Brimob. Sebab itu, pihaknya kini sedang memperhitungkan untuk melakukan latihan dengan negara lain. ”Mungkin kami terima tawaran dari negara lain‎, Inggris. Nanti tempat latihan dimana ditentukan selanjutnya,” terangnya. (her)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai