Breaking News

,

Presiden Enggan Keluarkan Perppu Terkait Calon Tunggal

Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan kepada wartawan
Bogor, Laras Post – Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya lebih setuju dilakukan penambahan waktu pendaftaran calon kepala daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), daripada harus mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu).

Presiden Jokowi menyatakan, belum saatnya untuk mengeluarkan Perppu, karena untuk mengatasi calon tunggal seperti yang dialami 7 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat menambah waktu pendaftaran calon kepala daerah.

“Ini kan ada tambahan tadi dari KPU sudah disampaikan kan, ada diundur 7 hari. Kita melihat setelah 7 hari itu. Saya dulu sudah ngomong, ini nanti dari dulu 13 pasti akan turun separuh (setelah diperpanjang -red) paling tidak. Benar kan? Ini nanti pasti juga akan turun lagi,” ujarnya kepada wartawan, usai menggelar pertemuan konsultasi dengan pimpinan Lembaga Negara, pada Rabu (5/8/2015) petang, di Istana Bogor.

Ia optimis, partai politik akan berusaha untuk mengusung calon kepala daerah dukungan masing-masing partai. “Kita kan juga berhubungan dengan partai-partai, mereka akan berusaha agar ada calon-calon yang bisa dimunculkan,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, pemerintah menyampaikan kepada pimpinan partai agar daerah-daerah yang masih satu calon bisa ditambah dengan calon yang lainnya. “Dulu ada yang ga ada calon sama sekali, ya kan? Di Bolaang Mongondow, sekarang nyatanya ada muncul 2-3,” terangnya.

Namun demikian Jokowi mengaku, telah menyiapkan draf Perppu “Biasanya kita selalu sedia payung sebelum hujannya turun.Tidak usah disampaikan. Nanti kalau sudah ada kejadiannya baru kita keluarkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, KPU Husni Kamil Manik, menyampaikan, bahwa Presiden Jokowi enggan menerbitkan Perppu untuk mengatasi masalah hanya ada satu pasangan calon (calon tunggal) di 7 (tujuh) daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang. (her, sg, ram)






















Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai