Breaking News

,

Usai Wawancara Terhadap 19 Capim KPK, Pansel Lakukan Konsolidasi

Salah satu Capim KPK Mantan Kapolda Papua ketika menyerahkan berkas rekam jejak Capim kepada Pansel, Rabu (26/8/15)
Jakarta, Laras Post - Panitia Seleseksi (Pansel KPK) telah mewawancara 19 calon pimpinan (capim) KPK di Gedung III Segneg Jakarta. Hasil wawancara akhir yang digelar dari tanggal 24 hingga 26 Agustus itu Pansel KPK pun langsung menggelar rapat tertutup untuk menilai kandidat mana yang pantas untuk lolos 8 besar.

Sesaat setelah melakukan wawancara terakhir kepada Capim KPK dari Kepolisian Mantan Kapola Papua Yonce, Ketua Pansel KPK Destry Darmayanti langsung menggelar jumpa pers.

Dalam jumpa pers Destry Darmayanti mengatakan, bahwa proses selanjutnya, langsung kerja melakukan konsolidasi karena dari kesembilan angoota Pansel mempunyai penilaian masing-masing.
Destry juga mengatakan, ada 7 aspek yang menjadi pertimbangan Pansel dalam meloloskan capim KPK ke tahap berikutnya. Yaitu integritas, moral yang bersangkutan, kompetensi, leadership, independensi, dan pengalaman kerja yang bisa beri nilai tambah KPK, juga klarifikasi dari temuan yang dilakukan trackers.

Selain aspek itu, unsur utama yang menentukan adalah kesehatan. ‎Bila kandidat sudah memenuhi semua aspek tapi kesehatan dinyatakan kurang, maka tidak akan diloloskan.
"Kita tunggu hasil tes kesehatan, diperkirakan pada 28 Agustus siang. Setelah dapat hasil tes, akan kita sandingkan dengan apa yang kami nilai atau evaluasi berdasarkan wawancara dan masukan trackers," imbuh Destry.

Setelah mendapat hasil tes kesehatan, selama 3 hari Pansel KPK akan kembali mendiskusikan kandidat yang layak. Kemudian, pada 31 Agustus akan diserahkan 8 nama yang dianggap layak jadi pimpinan KPK kepada Presiden Jokowi. (her, sg, ram)

Tidak ada komentar

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai