Breaking News

,

Sehat Bersama Senam Aerobic

Pemandu Senam Aerobik, Dje.
Jakarta, Laras Post - Melakukan senam aerobik secara teratur dapat mendatangkan banyak manfaat dalam menstimulasi perkembangan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. 

Demikian dikatakan salah satu instruktur pesenam aerobic, Dje ketika diwawacara Laras Post melaui pesan singkat, Sabtu (19/3/16). “Aerobic dapat membuat orang sehat dan bugar, karena banyak otot-otot yang bekerja saat kita melakukan aerobic,” ucap wanita yang berkelahiran 1986 ini.

Dje juga menyebutkan, senam aerobic adalah senam cardio yang dapat melancarkan peredaran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh yang melambat.

Seiring perkembangan zama saat ini senam aerobic mengalami perkembangan pula diantaranya senam Zumba. Aerobic da zumba pada dasarnya sama, yaitu cardio bertujuan untuk menghancurkan lemak dan menurunkan berat badan.  “Senam Zumba gabungan antara dance, cha-cha or latin, sedangkan aerobic itu adalah gerakan yang terbagi menjadi tiga, low  impact, mix impact dan haigt impact,” lanjut Dje lagi.

Aerobic mulai populer di Indonesia sekitar tahun 70an, aerobic diciptakan oleh dokter Khneet Coper dan dipopulerkan di Indonesia oleh sejumlah orang intructor-intructor yang salah satunya saat ini masih hidup yaitu kartini Legimin.

“Saya melakukan aerobic dari umur 15 tahun dan mulai mengajar aerobic sejak usia 17 tahun, saat itu saya baru Kelas 3 SMK,” aku wanita yang berdomisili di Bekasi ini.

Pada dasarnya semua aktivitas yang menggunakan oksigen untuk membakar kalori dalam memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung bisa disebut sebagai olahraga aerobik. Namun di Indonesia, aerobik sering diidentikkan dengan senam. Senam aerobik adalah rangkaian gerakan yang mengaktifkan otot-otot tubuh. Jika dilakukan secara teratur dan konsisten, aktivitas ini ternyata mendatangkan banyak manfaat.

Manfaat dari senam Aerobik, latihan aerobik atau kardiovaskular adalah bentuk-bentuk aktivitas yang bertujuan meningkatkan denyut jantung selama durasi tertentu. Aerobik bermanfaat dalam meningkatkan aliran oksigen ke otot dan jantung. Dengan makin banyak oksigen yang masuk, tubuh menjadi makin sehat. Begini cara tubuh merespons gerakan aerobik yang Anda lakukan.

Berikut uraian manfaat senam aerobic:
Aeorobik membuat Anda lebih mudah untuk bernapas lebih panjang dan dalam sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam darah, otot, dan jantung. Peningkatan ini akan membuat pembuluh darah melebar dan tubuh lebih mudah untuk mengeluarkan gas buangan, seperti karbondioksida dan asam laktat.

Jantung akan berdetak lebih cepat sehingga mampu memompa darah ke otot dan kembali ke paru-paru.

Aeorobik membuat tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai pereda nyeri alami, membuat hati gembira dan meningkatkan mood.

Menguatkan otot jantung sehingga meningkatkan pemompaan darah dan mengurangi jeda denyut jantung atau disebut dengan kondisi aerobik.

Mengencangkan otot-otot yang mendukung pernapasan dan keluar-masuknya udara dari dan ke jantung.

Meningkatkan efisiensi sirkulasi darah serta mengurangi tekanan darah.
Meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Sel ini berperan meningkatkan lalu lintas oksigen.

Jika dipadukan dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup, aerobik berpotensi mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan sehari-hari:

Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko sakit, terutama infeksi virus flu dan pilek.
Menjaga berat tubuh tetap ideal.
Membuat tubuh tidak mudah lelah. (sg)

2 komentar:

  1. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus
  2. yuk teman teman yang hobby main game
    mari bergabung bersama kami
    di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
    buktikan sendiri y


    wwww.vodkapoker,site

    BalasHapus

Terimakasih, apapun komentar anda sangat kami hargai